Mamfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jasmani Tubuh Manusia




Tahukan kamu jika manfaat Tertawa itu bisa membuat Jantung, Mental, dan Fisik kita menjadi lebih sehat yang bisa dipercaya juga sebagai obat paling mujarab untuk mengembalikan rasa semangat dan mampu membuat seseorang bisa lebih sehat lagi dari organ pada jasmaninya. Karena manfaat tertawa itu begitu banyak yang diantaranya mampu menstabilkan peredaran darah dan gula darah, meningkatkan sistem Imunitas tubuh, Merelaksasi pikiran, serta bisa sedikit meredakan rasa stress.. ☺

Mungkin kita pernah mendengar sebuah ungkapan sederhananya seperti : “Tertawalah Sebelum Tertawa Itu Dilarang.” Karena ketika seseorang sudah tertawa, maka dia akan mengalami perubahan fungsi tubuh yang ditandai merenggangnya otot-otot pada wajah dan tubuh yang secara bersamaan dengan denyut jantung dan tekanan darah yang semakin meningkat. Lalu tarikan napas pun akan semakin cepat sehingga pasokan oksigen yang dikirim kedalam jaringan tubuh bisa lebih banyak.

Sebab Tertawa itu bukan hanya sebagai alat aktivitas yang menggembirakan saja, melainkan juga untuk menyehatkan tubuh yang mampu memproteksi diri dari masalah emosional yang disebabkan oleh depresi dan stress dalam jangka panjang. Karena kesehatan jantung dipercaya akan selalu terjaga ketika seseorang sering tertawa. Para ahli kesehatan pun meyakini bahwa tertawa bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, mental, dan juga fisik seseorang.

Sebagian peneliti menemukan ketika seseorang yang tertawa akan meningkatkan produksi oksigen didalam peredaran darahnya yang diikuti dengan pelepasan Endorfin yang membentuk reaksi dalam menangkal setrees dan pikiran-pikiran negatif. Beragam aktivitas lain yang bisa meningkatkan Endorfin adalah dengan berolahraga dan mendengarkan alunan musik dari kesukaannya sendiri

Baca Juga Sobat : Cara Alami Menggemukan Badan Kamu Dengan Sehat Dan Mudah

Manfaat Tertawa Bagi kesehatan Mental
Saat kamu sedang direndung depresi, sewajarnya juga seseorang akan merasa sedikit enggan untuk tertawa, yang meski begitu, bukan berarti selera humor akan hilang begitu saja. Karena memiliki selera humor dipercaya mampu membantu menetralkan segala bentuk negatif di dalam kehidupan yang dapat mengakibatkan depresi. Para peneliti menemukan bahwa seseorang yang menggunakan candaan atau humor dalam melawan setrees bisa membuatnya lebih tidak merasa kesepian dan pikiran pun cenderung akan menjadi lebih positif lagi.

Sebuah penelitian lain menemukan bahwa Efektivitas terapi tawa dapat menyamai efek obat penenang bagi penderita sakit jiwa tanpa disertai dengan efek samping obatnya. Selain itu manfaat tertawa bagi kesehatan fisik dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang terbiasa tertawa akan memancarkan kesehatan secara umum. Tertawa, bahkan menjadi salah satu kebiasaan didalam terapi Komplementer bagi pasien kanker. Dan untuk kamu yang menginginkan kesehatan secara fisik berkat tertawa ini, maka temukanlah suatu hiburan ringan dari lingkungan sekitar, baik itu dari teman, gadget atau dari majalah. Lalu cobalah berbagi kelucuan tersebut dengan teman-teman untuk menjadikannya lebih menghibur.

Manfaat Tertawa Dalam Jangka Pendek dan Panjang
Seseorang yang memiliki hobi tertawa tidak diartikan juga sebagai orang yang akan terbebas dari penyakit, tapi jika kita bicara tentang mengenai dampak tertawa bagi kesehatan, maka fakta-fakta medis pun bisa dijadikan sebagai alat pembuktiannya, yang ternyata cukup meyakinkan untuk dicoba.

Manfaat Tertawa Untuk Jangka Pendek
Saat kamu mulai tertawa, tidak hanya langsung meringankan beban mental saja, akan tetapi juga mampu mengubah secara fisik. Meski keuntungan ini hanya bersifat sementara, tapi tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Karena terbukti mampu untuk menstimulasi optimalisasi fungsi organ, meredakan dan bisa mengatasi setrees, pemecah ketegangan dan pereda tekanan mental jangka panjang dalam situasi tertentu, yang mungkin kita hanya tersenyum simpul ketika disodori hal-hal yang lucu. Bahkan sesederhana senyuman pun, cukup untuk meredakan tekanan yang bersifat ringan.

Mamfaat Tertawa Untuk Jangka Panjang
Tertawa bagi kesehatan bisa Meningkatkan sistem Imunitas didalam tubuh kita, Menghilangkan rasa sakit, Meningkatkan kepuasan personal dan memperbaiki mood juga. Walaupun manfaat tertawa bagi kesehatan mungkin masih perlu dibuktikan lebih lanjut lagi oleh penelitian secara klinis. Akan tetapi tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Dan jangan khawatir pula bila kita belum bisa memiliki rasa humor atau candaannya yang berkualitas tanpa harus juga dipelajari.

Kalian Mungkin Tertarik Juga Untuk : Jangan Sepelehkan Mamfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Pesan Singkat Moral Positifnya
Walaupun Tertawa itu terbukti secara ilmu kedokteran maupun secara terapi alternatif bisa menyehatkan organ dari jasmani tubuh kita, namun tetap saja jangan sampai berlebihan juga menciptakan candaannya bersama dengan orang-orang yang kita cintai. Sebab Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah memberikan beberapa larangan dan sebuah nasihat kepada Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu :

‎ﻭَﻻَ ﺗُﻜْﺜِﺮِ ﺍﻟﻀَّﺤِﻚَ,ﻓَﺈِﻥَّ ﻛَﺜْﺮَﺓَ ﺍﻟﻀَّﺤِﻚِ‏‎ ‎ﺗُﻤِﻴﺖُ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐَ ‎

‎‏“Janganlah banyak tertawa. Karena sesungguhnya banyak tertawa itu akan mematikan hati.”

Karena bercanda pun memiliki adab-adabnya. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya pula jika kita memperhatikannya yang tidak boleh adanya kedustaan sedikit pun didalam candaan tersebut. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah bersabda :

ﻭَﻳْﻞٌ ﻟِﻠَّﺬِﻯ ﻳُﺤَﺪِّﺙُ ﻓَﻴَﻜْﺬِﺏُ ﻟِﻴُﻀْﺤِﻚَ ﺑِﻪِ‏‎ ‎ﺍﻟْﻘَﻮْﻡَ ﻭَﻳْﻞٌ ﻟَﻪُ ﻭَﻳْﻞٌ ﻟَﻪُ

“Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Karena kecelakaan itu hanya untuknya.”

Tidak boleh menakut-nakuti orang lain

‎ﻻَ ﻳَﺤِﻞُّ ﻟِﻤُﺴْﻠِﻢٍ ﺃَﻥْ ﻳُﺮَﻭِّﻉَ ﻣُﺴْﻠِﻤًﺎ‎

“Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.”

Tidak boleh menghabiskan waktu hanya untuk bercanda

ﻣِﻦْ ﺣُﺴْﻦِ ﺇِﺳْﻼَﻡِ ﺍﻟْﻤَﺮْﺀِ ﺗَﺮْﻛُﻪُ ﻣَﺎ ﻻَ‏‎ ‎ﻳَﻌْﻨِﻴﻪِ

Dan diantara tanda baiknya keislaman seseorang itu adalah dia mau meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya, lalu tidak boleh berbicara atau melakukan hal-hal yang melanggar syariat, seperti menyebutkan ciri-ciri wanita yang tidak halal baginya kepada orang lain, menipu, maupun melaknat dan yang lain sebagainya.

16 Responses to "Mamfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jasmani Tubuh Manusia"

  1. Tertawa karena sering bercanda juga terbukti mampu membuat kita menjadi lebih awet muda wajahnya loh. hehe

    BalasHapus
  2. Bercanda itu memang jangan sampai keterlaluan apalagi sampai mengejek wajah orang lain, sebab nanti marah orangnya ☺

    BalasHapus
  3. Kalau aku memang sukanya bercanda terus sama teman² maupun dengan anggota keluarga dirumah mba

    BalasHapus
  4. apalagi bercandanya ngagetin orangtua yang punya penyakit jantung pasti sangat keterlaluan banget kan ☺

    BalasHapus
  5. @Imam Wahyudie
    secara ilmiah memang bisa koq membuat kita lebih awet muda..

    @Bayu Rosidan
    makanya dihindari jika bisa jangan ngatain wajahnya mas.. ☺

    @Dilla Setiawan
    kumpul selalu sambil bercanda dengan keluarga memang menyenangkan loh..

    @Ahmad Fahmi
    itu sih bener² sangat kelewatan sekali.. ☺

    BalasHapus
  6. Ada beberapa hadits yang mengisahkan jika Rasul pun juga suka tertawa sambil bercanda dengan istri dan para sahabatnya

    BalasHapus
  7. selain di DUNYAT aku pun sering bercanda juga di DUMAY dengan teman² untuk ngilangin sedikit rasa setress. hehe..

    BalasHapus
  8. Kalau saya malahan hidup tanpa adanya candaan yang bisa bikin tertawa, ternyata terbukti bisa sedikit mengobati rasa jealous juga. Hahah.. ☺

    BalasHapus
  9. Ternyata terbukti lewat ilmu kedokteran jika sering tertawa itu bisa membuat jantung kita sehat secara jasmaninya

    BalasHapus
  10. biasanya kalau lagi "M" saja aku jadi malas untuk diajakin bercandanya, soalnya jugakan masih muda. heheh.. ☺

    BalasHapus
  11. @Stephany Shintya
    akan tetapi Rasul tidak pernah berlebihan jika sedang tertawanya

    @Desy Clariesya
    aku pun juga suka becanda sama teman² di FB dan juga twitter

    @Arieyanto
    justru aku baru taunya dari kamu jika tertawa itu bisa mengobati rasa jealous loh.. ☺

    @Hasbi Manaf
    secara klinis maupun repleksi pun sudah terbukti juga kebenaran dari hasilnya mas

    @Selvy Agustine
    itu namanya sensitifitas yang normal dari wanita yang bisa dimaklumi.. ☺

    BalasHapus
  12. biasanya saya paling seringnya itu suka tertawa jika sedang lagi nonton acara komedi di TV bareng sama pacar dikontrakannya ☺

    BalasHapus
  13. dengan tertawa saja kita bisa hidup sehat apalagi kalau makannya juga 4 sehat 5 sempurna pada lauk pauknya.. ☺

    BalasHapus
  14. Tertawa itu memang sehat ya, yang asalkan jangan pamerin gigimu yang tidak pernah sikat gigi, sebab bisa menjadi boomerang lho.. ☺

    BalasHapus
  15. akan tetapi jangan sering tertawanya itu dimalam hari diatas jam 12 sebab bukannya sehat, yang ada malahan jadi gila ☺

    BalasHapus
  16. @Mr Likerz
    ternyata bersenda gurau dengan pacar pun bisa lebih asyik juga ya..

    @Rianty Agraenie
    tetap saja akan lebih sehat lagi jika dalam hal urusan makannya

    @Jessica Shintya
    layaknya senyuman yang manis yang terlihat dari gigi putihmu. hehe.. ☺

    @Abdul Muhidin
    tertawa memang bebas, asalkan tau juga sama batasannya kan

    BalasHapus

Gunakan bahasa yang santun untuk berkomentar. Dan jangan sampai Rasis apalagi SPAM Sobat..