Jenis Makanan Kaya Kabohidrat Yang Baik Untuk Tubuh




Tahukah kalian jika Karbohidrat juga menjadi satu-satunya sumber gizi yang mampu memberi suplai energi ke otak manusia. Walaupun yang dianjurkan sebenarnya itu hanya nasi saja, namun ternyata masih ada banyak dari jenis sumber karbohidrat lainnya yang tidak kalah baiknya juga untuk dikonsumsi. Terutama dari beberapa jenis makanan yang terbukti kaya akan karbohidrat, yang tentunya pun sangat mudah ditemukan entah itu dipasar-pasar tradisional dan juga swalayan atau mall.

Karbohidrat dengan serat tinggi atau juga yang biasa disebut dengan karbohidrat kompleks sangat dapat bertahan dalam tubuh lebih lama karena mereka lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsinya perut pun akan merasakan rasa kenyangnya menjadi lebih lama lagi. Dengan begitu asupan makan pun juga bisa lebih sedikit. Karena Serat dalam karbohidrat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh manusia yang umumnya sering terjadi kepada orang-orang dengan fisik gemuknya.

Baca Juga Sobat : Jenis Buah Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi Untuk Pencernaan

Dan Berikut Ini Beberapa Jenis Makanan Dengan Nilai Kabohidrat Yang Sangat Baik Untuk Tubuh



Panganan Beras Ketan Putih
Beras Ketan Putih adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena mengandung energi sebesar 362 kilo kalori, protein 6,7 gram, karbohidrat 79,4 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 12 miligram, fosfor 148 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Beras Ketan Putih juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,16 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Beras Ketan Putih, selain itu beras ketan ini bisa kita olah menjadi panganan yang lebih nikmat lagi untuk dikonsumsi seperti kue lupis dengan gula merah cair, klepon, tape ketan, ataupun cemilan ringan yang lainnya.



Panganan Beras Ketan Hitam
Nutrisi yang terkandung dalam beras ketan hitam ini antara lain adalah vitamin B-6 sekitar 7% dan kandungan vitamin B-6 dalam beras ketan ini dapat sedikit membantu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita, membantu sel-sel agar menghasilkan energi dalam sintesis hormon yang menjaga keseimbangan hormon. Sedangkan kandungan tembaga dalam beras ketan hitam ini dapat memperkuat jaringan ikat dalam tubuh, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak agar tetap sehat sepanjang hari. Jadi selain nasi, kita pun bisa membuatnya menjadi panganan yang lebih nikmat lagi seperti kue bolu, bubur, es potong, ataupun tape ketan hitam.



Panganan Beras Merah
Jenis dari Beras merah ini dianggap sebagai salah satu dari jenis beras yang paling bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Sebab satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat, dan 45.8 gram karbohidrat. Sedangkan dengan porsi yang sama pada beras putih hanya mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 53.2 gram karbohidrat, dan 0.6 gram serat. Jadi Beras merah ini memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih yang bisa dijadikan sebagai alternatif penggantinya.



Panganan Beras Putih
Karena Nasi adalah sebagai jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, makanya tidak heran jika banyak penduduk didunia ini jika makanan pokoknya adalah nasi. Karena memiliki kandungan karbohidrat dan kalori sebagai sumber tenaga yang tidak bisa tergantikan. Yang sudah merupakan sumber energi cukup besar untuk mampu mendukung pertumbuhan manusia dari sejak balita usia diatas 3 tahun sampai orangtua sebagai makanan dasar pokoknya. sebab kandungan zat dan mineral yang ada di nasi pun membuatnya dapat membantu pertumbuhan dan menjadi makanan pokok sehari-hari yang dikonsumsi manusia.



Panganan Jagung
Jagung memang sudah dikenal oleh setiap kalangan masyarakat luas sebagai salah satu bahan pangan yang kaya akan kandungan karbohidratnya yang tentunya dapat juga memberikan efek untuk bisa mengenyangkan. Manfaat jagung untuk kesehatan karena adanya kandungan seperti nutrisi, protein, serat, mineral, dan sejumlah vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, dan B, yang baik untuk tubuh. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah dapat membuatnya digemari oleh banyak orang. Jagung pun dapat dikonsumsi secara langsung setelah direbus atau bisa juga dibuat lebih nikmat dengan tambahan susu kental manis dan keju.



Panganan Kentang
Sama halnya juga seperti jagung, kentang pun merupakan salah satu bahan pangan yang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang tinggi. Jenis dari umbi-umbian yang menjadi makanan pokok orang Eropa ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan. Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga mempunyai cita rasa yang lezat walaupun hanya dikonsumsi dengan tambahan sedikit bumbu saja. Olahan kentang dari berbagai daerah yang beragam pun bisa dijadikan alternatif pilihan juga buat kamu yang mungkin sudah agak sedikit bosan dengan nasi tapi tetap ingin mendapatkan energi dari kandungan karbohidratnya.



Panganan Ubi Jalar
Ubi ternyata juga dapat menjadi pilihan sebagai pengganti nasi yang sangat baik dikonsumsi, karena jenis dari umbi-umbian ini mengandung karbohidrat. Selain itu, varian ubi jalar ternyata memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, karena mengandung senyawa beta karotena yang rasanya pun manis dan teksturnya juga sangat lembut setelah direbus atau dikukus terlebih dahulu, yang harganya pun lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kentang.



Panganan Singkong
Jenis dari umbi-umbian lainnya yang tidak kalah baik untuk dikonsumsi selain nasi adalah singkong. Karena Singkong dapat menjadi penggantinya yang mengandung karbohidrat serta kandungan serat yang cukup tinggi. Singkong atau ketela pohon inipun sangatlah rendah sekali lemaknya jika dibandingkan dengan sereal ataupun dari jenis kacang-kacangan. Meskipun demikian, tetap memiliki lebih banyak protein daripada sumber makanan tropis lainnya seperti pada ubi jalar, kentang dan juga pisang. Jadi sangat cocok dikonsumsi untuk bisa memperlancar sistem pencernaan didalam usus tubuh, yang harganya pun sangatlah terjangkau dan tidak akan membuat isi kantong kita menjadi lebih boros.



Panganan Talas Bogor
Sebagai bahan makanan, Talas asli dari bogor ini memang tidak sepopuler seperti kentang, singkong, ataupun ubi jalar. Namun, ternyata Talas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat digunakan sebagai makanan buat kita yang ingin menurunkan berat badan, karena tanaman ini mengandung serat dan kaya akan vitamin A, C, E, B6, dan folat. Talas juga mengandung potassium yang baik untuk pencernaan sebagai nutrisi penting bagi tubuh karena kekurangan potassium dapat memicu penyakit jantung, darah tinggi, kanker, dan masalah infertilitas. Talas pun dapat berperan penting juga dalam membantu kesehatan lambung dan usus, alias gastrointestinal yang bisa membantu makanan agar cepat dicerna dan diserap oleh lambung, usus, sehingga proses pencernaan pun dapat berjalan dengan lancar.



Panganan Labu Parang
Labu Parang merupakan buah sumber Antioksidan karena mengandung karoten dan kabohidrat yang sangat tinggi. Walaupun sebenarnya, penyerang radikal bebas yang paling menentukan adalah Alfa Karotenoid, yang terkandung lebih banyak daripada Beta Karotenoid didalam buah labu parang ini. Dengan begitu, manfaat dari Antioksidan dalam Karotenoid inipun terbukti bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang bisa dipicu dari makanan tidak sehat yang sehari-hari kita konsumsi. Labu parang pun mengandung vitamin B1 yang sangat penting dalam menjaga jaringan jantung agar tetap sehat dan kuat untuk beraktivitas disepanjang hari. Selain itu kandungan vitamin B2 dan manfaat vitamin A dalam daging buah Labu yang berwarna jingga ini sangat berguna sekali untuk menyehatkan mata anak-anak maupun orang-orang dewasa.

Baca Juga Informasi Tentang : Jenis Ikan Yang Memiliki Kandungan Zat Omega 3

Sekalipun manfaat nasi yang menjadi makanan pokok bagi penduduk Indonesia ini sudah terbukti kebenarannya, namun nasi memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi loh. Jadi harus sedikit waspada juga untuk mengkonsumsi nasi ini, terutama bagi yang mengalami penyakit diabetes jangan terlalu banyak porsinya, yang bisa diganti dengan menu makanannya seperti dari umbi-umbian singkong, ubi jalar, kentang, maupun jagung, karena nilai gizinya pun tidak berbeda jauh juga dengan nasi dari beras putih

16 Responses to "Jenis Makanan Kaya Kabohidrat Yang Baik Untuk Tubuh"

  1. Selain nasi panganan seperti singkong dan ubi jalar sering juga saya makan yang biasanya sebagai cemilan ringan

    BalasHapus
  2. biasanya aku paling sukanya itu singkong yang disulap menjadi kolak dengan pisang, terutama pada saat bulan puasa..

    BalasHapus
  3. walaupun nasi tetap sebagai yang utama, akan tetapi kita juga bisa ya menggantinya dengan jenis dari umbi²an ini

    BalasHapus
  4. makanan kaya kabohidrat seperti nasi ternyata bisa diganti juga dengan ubi jalar maupun kentang, asalkan pintar cara bikin makanannya..

    BalasHapus
  5. Mungkin sebagai pria sejati saya akan pilih singkong saja sebagai pengganti nasi, karena bisa juga dibuatkan dengan beragam jenis panganan loh

    BalasHapus
  6. @Hasbi Manaf
    dari ke 4 jenis umbi²an ini memang bisa diolah juga sebagai cemilan ringan

    @Selvy Agustine
    bulan puasa memang sudah indentik dengan jajanan manis seperti aneka ragam kolak ya..

    @Dilla Setiawan
    asalkan kita bisa pandai memilih jenis dari panganan penggantinya

    @Stephany Shintya
    untuk ubi dan singkong bisa juga dikukus saja layaknya nasi kan..

    @Bayu Rosidan
    kalau singkong paling enak itu dibikin kolak ataupun keripik pedas

    BalasHapus
  7. Selain nasi biasanya dirumahku itu suka olahan beras ketan putih seperti kue lupis, karena bisa membuat cepat kenyang juga loh..

    BalasHapus
  8. Jadi kepengen ngemil makan jagung rebus, keripik singkong dan kentang nih jika ngebaca postingan kamu ini loh, sebab saya itu orangnya suka latahan.. ☺

    BalasHapus
  9. Mungkin untuk pengganti beras sendiri sudah ada pilhan lainnya ya, dan kalau untuk umbi²an sendiri paling hanya aku jadikan sebagai cemilan

    BalasHapus
  10. paling enak itu ubi sama singkong kalau mau dijadikan sebagai pengganti nasinya, karena harganya juga murah loh

    BalasHapus
  11. @Stephany Shintya
    kue lupis dan klepon juga sering dibuatkan juga sama mama aku, karena manis legit rasanya..

    @Arieyanto
    cemilan dari olahan ke 4 jenis panganan diatas memang sangat enak dinikmati disore hari maupun malam loh.. ☺

    @Imam Wahyudie
    asalkan tidak bosanan, tetap bisa koq dijadikan sebagai pengganti nasi

    @Desy Clariesya
    makanan ringan juga terbukti kan bisa mengenyangkan seperti dari olahan umbi²an

    @Mr Likerz
    karena bahan²nya pun sangatlah mudah juga untuk dibelinya

    BalasHapus
  12. Makan kolak singkong dan ubi semangkok pun bisa lebih kenyang juga karena cukup tinggi dari nilai kabohidratnya

    BalasHapus
  13. mengganti panganan dari kabohidrat juga penting ya, yang asalkan mau diperhatikan juga jenis makanan dari kandungan serat tambahannya..

    BalasHapus
  14. kabohidrat memang sumber makanan paling penting buat manusia, jadi kalau agak bosen bisa diganti ya dengan panganan yang lainnya

    BalasHapus
  15. bubur ketan hitam dengan kacang hijau selain untuk sarapan pagi, dimakan disore dan malam hari pun tetap akan terasa maknyus

    BalasHapus
  16. @Imam Wahyudie
    apalagi jika seharinya itu 3x makan kolaknya ya..

    @Rianty Agraenie
    setuju sama kamu, yang tentunya harus ada sayuran dan buah²annya juga tuh..

    @Abdul Muhidin
    sebab memang banyak pilihannya yang bisa dicoba sesuai selera kita

    @Ahmad Fahmi
    aku juga pernah koq mencobanya, sekalipun hanya untuk sarapan

    BalasHapus

Gunakan bahasa yang santun untuk berkomentar. Dan jangan sampai Rasis apalagi SPAM Sobat..