Mamfaat Dari Jenis Daging Untuk Kesehatan Tubuh




Hampir setiap orang mungkin sering dan pastinya pernah merasakan lemas disaat setelah melakukan berbagai macam aktifitas dan letih pada tubuhnya, terutama bagi yang kekurangan darah. Untuk itulah mengkonsumsi jenis-jenis makanan penambah darah yang kaya akan zat besi dapat menjadi solusinya. Sebab penurunan pada sel-sel darah merah dalam tubuh yang umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi yang akhirnya membuat kita tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin, yaitu zat dalam sel darah merah yang sangat berperan penting membawa oksigen ke jaringan dalam tubuh. Oleh karenanya, kekurangan zat besi dapat menyebabkan rasa lemas dan mudah lelah.

Sumber dari Zat Besi sendiri hanya terdapat dua bentuk zat saja yang diserap oleh tubuh dari makanan yang sehari-hari kita konsumsi yaitu dari jenis :

Heme yang berasal dari hemoglobin, umumnya terdapat didalam bahan makanan hewani seperti daging unggas, daging merah pada sapi, kambing, domba, dan juga ikan-ikanan segar.

Non Heme terdapat dalam bahan makanan dari jenis nabati seperti kentang, sayuran berdaun hijau dari sawi, bayam, kangkung, biji-bijian, kacang-kacangan seperti kacang merah, maupun buah-buahan kering seperti kismis. Karena Zat Besi Heme itu terbukti lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan zat Besi Non Heme yang berasal dari sumber nabati. Penyerapan juga akan lebih mudah jika makanan yang mengandung zat besi ini dikonsumsi dengan jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C, yang banyak terdapat pada jenis buah-buahan dan sayur-sayuran seperti tomat, jeruk, mangga, dan brokoli.

Oleh karena itu agar tubuh kita tidak kekurangan darah, maka biasakan pula untuk mengkonsumsi makanan penambah darah yang kaya akan zat besi dan juga protein dari beberapa kelompok makanan yang dapat menjadi penambah darah seperti daging sapi dan kambing, yang merupakan sumber zat besi heme. Karena daging merah merupakan makanan penambah darah karena paling mudah ditemui, sebab dalam 100 gram daging merah sudah terkandung 2,7 mg zat besi yang sudah memenuhi 15% asupan harian yang disarankan oleh dokter ahli kesehatan.

Selain bermamfaat untuk menambah darah, berikut ini dari beberapa jenis daging hewan mamalia dan unggas yang sangat baik untuk dikonsumsi buat kesehatan tubuh manusia

Silakan Baca Juga : Mamfaat Dari Ke 6 Jenis Sayuran Penambah Darah



Mamfaat Daging Sapi
Kandungan gizi dalam daging sapi ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena memiliki protein cukup tinggi yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi telur, tahu dan tempe. Karena protein dapat membantu tubuh manusia untuk membentuk otot sehingga mampu untuk menambah berat badan kita dengan cepat. Selain itu, protein inipun juga sangat penting dalam masa pertumbuhan anak-anak diatas usia 6 tahun. Kandungan zat besi yang ada pada daging sapi ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena dapat menghindarkan kita dari penyakit Anemia yang dapat menjadi salah satu alternatif sebagai pilihan obatnya, yang umumnya dapat menyebabkan seseorang merasakan lemas dan lesu sehingga dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari, oleh karena itu Anemia ini perlu sangat dihindari. Selain terkandung pada jenis ikan-ikanan, omega 3 juga terdapat pada daging merah sapi



Mamfaat Daging Kambing
Manfaat pertama dari daging kambing sendiri adalah sumber energi yang cukup besar untuk beraktivitas sehari hari. Kandungan kalori, lemak dan protein akan mampu menjaga tubuh tetap fit. Karena daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, tercatat per 100 gram dapat memenuhi 26 % kebutuhan harian zat besi tubuh kita. Manfaat zat besi seperti yang kita ketahui salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem Imun tubuh. Sealain itu sangat baik pula untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan Riboflavin yang dikenal dengan vitamin B2. Akan tetapi kalau kamu mengalami penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, dan penyakit diabetes ada baiknya pula harus membatasi mengkonsumsi daging kambing ini sesuai dengan porsinya. Jangan terlalu berlebihan karena sangat tinggi kandungan kolesterolnya, yang juga cukup berbahaya untuk yang memiliki penyakit hipertensi loh.



Mamfaat Daging Domba
Manfaat dari daging domba ini terbukti dapat memberikan asupan energi yang cukup tinggi yang dapat dilihat dari kandungan energi 100 gram daging domba itu berjumlah 206 kkal, dari kebutuhan energi total sekitar 2000-an kkal setiap harinya. Asupan energi ini dapat memberikan kekuatan bagi tubuh untuk beraktivitas, menjaga daya tahan tubuh, dan bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kelelahan ketika sedang berkerja. Daging domba pun memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Yang Terbukti jika dari 100 gramnya saja sudah terkandung protein yang tinggi, yaitu sekitar 17.1 gram. Dan bagi yang sedang ingin membentuk otot ditubuhnya kaum pria, maka protein ini sangat cocok dikonsumsi karena dapat mengikat lemak, melancarkan pencernaan. Daging domba ini juga tinggi pada kandungan kalsiumnya, yang sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan dan menguatkan tulang ditubuh kita.



Mamfaat Daging Ayam
Daging ayam adalah sumber protein sehat yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian. Yang bisa menggantikan karbohidrat untuk diubah menjadi energi dan berfungsi dalam membangun dan memelihara struktur dalam tubuh. Ternyata daging ayam pun sudah mengandung asam amino triptophan yang berfungsi seperti obat anti depresi, mampu meningkatkan kadar serotonin di otak, membantu melepaskan setrees sehingga bisa meningkatkan suasana hati jauh lebih baik. Kandungan antioksidan dalam daging ayam pun memiliki efek positif untuk melawan penyakit degeneratif seperti radang, kardiovaskular, dan neurologis. Mampu mengatur kadar kolesterol, karena daging ayam tanpa lemak juga efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat. Kandungan nutrisinya yang sehat mampu menjaga stabilitas kolesterol didalam tubuh.



Mamfaat Daging Bebek
Selain sumber protein yang memiliki jumlah kalori cukup tinggi dan kandungan lemak yang tinggi pula. Ternyata dalam 45 gram daging bebek sudah terdapat sebanyak 7 gram protein, 150 kalori, dan 13 gram lemak. Jumlah ini setara dengan 45 gram daging ayam dengan kulitnya. Daging Bebek sendiri memiliki fungsi protein yang paling utama sebagai zat pembangun yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, untuk melawan infeksi dengan lemak jenuh yang memiliki efek lebih besar pada kadar kolesterol darah kita agar membatasi asupan lemak jenuh hingga tidak lebih dari 7-10 persen dari kalori harian kita. 85 gram daging bebek yang dimasak tanpa kulit pun ternyata mengandung 4 gram lemak jenuh, dan mengandung 75 miligram kolesterol. Sementara, 85 gram daging bebek yang dimasak dengan kulitnya mengandung 8 gram lemak jenuh dan 70 miligram kolesterol yang terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sebagai Tambahan Informasinya Karena Telur Dari Jenis Hewan Unggas Juga Memiliki Berbagai Nilai Gizi Yang Baik Untuk Dikonsumsi



Mamfaat Telur Ayam Dan Bebek
Tahukah kamu jika Nutrisi dalam telur ayam itu memiliki 71 kalori, 5 gram lemak, 211 mg kolesterol, 70 mg sodium, dan 6 gram protein. Sedangkan Nutrisi dalam telur bebek ialah 130 kalori, 10 gram lemak, 619 mg kolesterol, 102 sodium, 9 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Namun jika dibanding telur ayam, telur bebek ternyata memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang lainnya seperti, kadar proteinnya yang lebih tinggi, kaya akan kandungan albumin, kandungan asam omega 3-Nya juga lebih banyak. Telur bebek cenderung bersifat alkali, bisa tetap segar lebih lama, dan nutrisinya pun lebih padat. Manfaat dari telur bebek juga mampu menjaga mata agar tetap sehat, membuang radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, menunjang kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi, membantu melancarkan pencernaan metabolisme tubuh, melancarkan produksi hormon dan terbukti juga mampu untuk menambah vitalitas pria.

Sedikit Pesan Singkatnya
Khasiat dari jenis daging yang ada pada hewan mamalia maupun unggas darat ini memang sudah sangat terbukti baik bagi kesehatan tubuh manusia yang berdasarkan adanya beberapa kandungan dari nilai gizinya, namun begitu kandungan lemak pada jenis dagingnya yang jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan merugikan kesehatan kita sendiri. Itu artinya janganlah mengkonsumsi daging-dagingan sehat ini secara berlebihan, agar bisa menjaga kesehatan tubuh kita sepanjang hari. Dan sebagai penutupnya silakan dibaca juga informasi tentang :

Jenis Ikan Yang Memiliki Kandungan Zat Omega 3

16 Responses to "Mamfaat Dari Jenis Daging Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Untuk yang kekurangan darah selain makan seafood, dianjurkan juga mengkonsumsi daging kambing karena sudah terbukti khasiatnya..

    BalasHapus
  2. selain murah dari daging ayam ini, kandungan nilai pada gizinya pun tak kalah jauh juga dengan jenis² daging ternak

    BalasHapus
  3. sekalipun terbukti banyak nilai gizinya, namun harganya agak mahal ya, jadi musti nunggu lebaran haji dulu biar bisa makan dagingnya. hehe

    BalasHapus
  4. Kalau aku paling suka itu jika daging kambingnya dibuatkan sop ataupun sate, karena pasti lezat dimakannya loh.. ☺

    BalasHapus
  5. @Rianty Agraenie
    selain itu bisa juga dengan rutin 3 kali dalam seminggu makan hati ayam dan sapi

    @Desy Clariesya
    kaldu dari rebusan ayamnya juga baik dikonsumsi karena baik dari sari proteinnya

    @Ahmad Fahmi
    kalau mau agak murah, belinya lansung diagen pemotongan hewannya

    @Jessica Shintya
    setuju aku sama selera kamu, walaupun daging kambing ini terbukti kaya akan lemak ya.. ☺

    BalasHapus
  6. kalau saya jarang makan daging dari hewan mamalia loh, yang paling daging ayam dan bebek saja, sebab terjangkau dari segi harganya

    BalasHapus
  7. Daging sapi dan kambing lebih populer yang sering dikonsumsi, karena terbukti protein pada dagingnya itu tinggi

    BalasHapus
  8. Jika mudah melihara hewan² ternak ini mungkin saya mau bikin kandangnya, sebab bernilai ekonomis tinggi dan mamfaat dagingnya pun juga banyak

    BalasHapus
  9. menurut aku sih daging ayam itu lebih nikmat dikonsumsi mba, karena gak bau amis seperti daging sapi, kambing, dan juga bebek

    BalasHapus
  10. @Selvy Agustine
    akan tetapi tidak dianjurkan buat yang memiliki penyakit darah tinggi, kecuali daging domba..

    @Imam Wahyudie
    selain itu dagingnya mudah diolah dengan beragam jenis masakan

    @Bayu Rosidan
    kalau diperdesaan tanpa nyewa tanah, dirumah pun juga bisakan mas

    @Dilla Setiawan
    ayam kampung pun juga gak bau amis dagingnya, yang tidak seperti bebek

    BalasHapus
  11. Walaupun sudah terbukti jika daging dari hewan mamalia ini banyak mamfaatnya, tetap saja paling² hanya daging ayam, telur, tahu, dan tempe doank yang paling sering saya makan.. ☺

    BalasHapus
  12. kalau saya paling jarang itu makan daging domba karena gak ada yang jual didaerah tempat tinggal, karena harganya mahal

    BalasHapus
  13. Biasanya aku itu sukanya dengan telur bebek bakar yang dimakannya pun tanpa nasi, sebab rasa dari asinnya gurih dan nendang juga dilidah..

    BalasHapus
  14. Asal jangan terlalu sering juga makan daging dari hewan ternak ini, karena lemaknya gak baik untuk kesehatan

    BalasHapus
  15. daging sapi itu enaknya dibuatkan rendang dengan ketupat sayur dan kerupuk udang disaat hari raya idul fitri tiba. hehehe ☺

    BalasHapus
  16. @Arieyanto
    tempe dan tahu juga memiliki protein yang bagus loh, dan enak juga kalau digadoin tanpa nasi dan sayuran.. ☺

    @Abdul Muhidin
    ditanggerang tempat tinggalku ada yang jual, dan harganya pun sama dengan daging kambing

    @Stephany Shintya
    tapi agak seret loh di tenggorokan jika hanya digadoin yang seperti telur rebus ayam juga

    @Mr Likerz
    terutama daging sapi dan kambing, yang bisa diganti dengan daging ayam dan bebek maupun ikan²an segar

    @Hasbi Manaf
    makan daging tidak harus tiap hari, jadi bisa dengan ikan²an yang harganya terjangkau.. ☺

    BalasHapus

Gunakan bahasa yang santun untuk berkomentar. Dan jangan sampai Rasis apalagi SPAM Sobat..