Dosa Besar Penyebab Jodoh Tidak Diberikan Oleh Allah





Jodoh juga merupakan rahasia milik Allah SWT yang tidak seorang pun dapat mengetahuinya entah kapan, dimana dan dengan siapa jodohnya. Meski demikian Allah sendiri telah memberikan sejumlah ciri-cirinya yang terdapat dalam Al Qur’an disurat An Nur ayat 26 dengan artinya:
“Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita yang baik” (QS An-Nur : 26).
Disini Allah telah memberikan gambaran tentang bagaimana jodoh untuk seseorang. Maka yang kini harus dilakukan adalah seperti apakah kita menginginkan jodoh dengan terlebih dahulu melihat diri pribadi apakah termasuk orang berahlak baik atau justru yang sebaliknya.

Silakan Baca Juga : Pandangan Islam Menyerupai Laki Laki Dan Perempuan

Sebab Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri telah menetapkan beberapa hal dalam hidup kita seperti maut, rezeki dan juga jodoh, dan semua insan pun tidak akan dapat mengetahui semuanya secara pasti. Contohnya saja dalam hal jodoh dimana hubungan yang telah dijalin bertahun-tahun, bisa saja kandas karena sebuah alasan yang terbilang sepele. Sebaliknya, dua orang yang bertempat tinggal sangat jauh, tiba-tiba bisa dipertemukan dan akhirnya menjadi sepasang suami istri hingga maut pun memisahkannya.
Memang dalam memilih jodoh ada yang mudah ada juga yang sulit. Namun sebenarnya selain kehendak Allah, ada juga peran kita dimana terdapat beberapa dosa-dosa besar yang menghalangi jodoh sehingga usia yang beranjak matang untuk menikah pun telah terlewati karena adanya dosa tersebut. Seperti apa sajakah dosa yang bisa menghalangi seseorang untuk mendapatkan rezeki berupa pasangan tersebut?





Berbuat Syirik Kepada Allah
Syirik merupakan perbuatan yang berdosa besar. Karena menyekutukan Allah dengan yang lainnya, baik dalam hal Illahiah maupun Rububiyyah. Disaat kita merasakan jodoh tak kunjung datang, bukannya berdoa dan beribadah kepadaNya, justru yang dilakukannya adalah pergi ke dukun (orang pintar), menanyakan kepada tukang ramal ataupun mengamalkan sesuatu yang tidak ada dalil dari AlQuran maupun Sunnah RasulNya. Dengan melakukan syirik, seseorang benar-benar tersesat dari jalan yang lurus, maka perbaikilah hubunganmu dengan Allah yang insya allah jodoh terbaik pun akan segera datang. “Dan janganlah sekali-kali kamu diperdaya oleh dunia dan para penipu yang mengatasnamakan Allah” (QS Lukman 33). Apabila memang orang yang berbuat syirik tersebut mendapatkan jodoh, maka jodoh yang didapatnya akan memiliki kepribadian serupa yaitu sama-sama berdosa syirik dan bukannya keberkahan atau kebahagiaan yang didapat, justru ketidaknyamanan dan pertengkaranlah yang akan terjadi. Sebab Allah telah berfirman : “Musyrik laki-laki berjodoh dengan Musyrik perempuan, laki-laki yang berperilaku buruk dengan perempuan yang berperilaku buruk juga” (QS An Nur 3 dan 26)

Melalaikan Perintah Shalat
Salah satu perintah yang diwajibkan pada manusia yang langsung Allah tugaskan kepada Nabi Muhammad SAW adalah shalat. Sebab shalat sendiri merupakan ibadah umat Islam yang tidak boleh ditinggalkan sedikit pun. Dengan meninggalkan ataupun jarang melakukan shalat, memberikan efek bahwa Allah pun tidak akan cepat dalam merespon keinginan manusia tersebut dalam hal jodoh. Selain meninggalkan shalat, kerap terjadi pula orang yang menunda-nunda shalat hingga sampai pada akhir waktu. Biasanya perilaku tersebut dikarenakan kesibukan dunia yang melenakan sehingga membuat orang lupa akan ibadah yang wajib. Jangan heran jika Allah tidak mengutamakan setiap doa-doa yang dipanjatkan orang tersebut termasuk salah satunya adalah jodoh. “Maka kecelakaan bagi orang-orang yang shalat (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya” (QS Al Ma’un 4-5)

Melakukan Perbuatan Zina
Salah satu dosa keji yang dibenci oleh Allah adalah berzina. Dalam kisah Nabi Musa a.s pun terdapat penolakan taubat atas seorang perempuan yang sebelumnya telah berzina, sebab melakukan perzinahan akan membuat hubungan manusia dengan Tuhannya menjadi rusak sehingga urusan jodoh pun akan terhalang karena dosa besar tersebut. Pernahkah Anda melakukan dosa zina? Jujurlah..!! Jika memang pernah melakukannya, bersegeralah bertaubat yang sesungguh-sungguhnya kepada Allah dan mohonlah ampun atas dosa yang telah dilakukan. Dengan izin dan sifat pengampunnya, Allah akan menerima taubat seseorang yang ikhlas dihatinya dan mau berjanji untuk tidak akan mengulanginya lagi.

Dosa Yang Dilakukan Kepada Kedua Orang Tua
Orang tua menjadi sebab hadirnya kita lahir dan hidup di dunia ini. Dengan melakukan dosa terhadap keduanya ataupun salah satu dari keduanya, maka Allah SWT akan murka dan menutup segala sumber rezekiNya, dimana jodoh pun termasuk di dalamnya. Ini karena keridhaan Allah tergantung keridhaan dari orang tua dan murka Allah tergantung juga pada kemurkaan orang tua. Sebab dalam Al Quran, seorang anak yang mengatakan “ah” saja pada orang tuanya sendiri akan membuat Allah murka. Apalagi jika melakukan perbuatan dosa-dosa besar yang lainnya. Dengan kata lain, berdosa pada kedua orang tua menjadi penyebab dari jauhnya jodoh yang menghampiri kita.

Memutuskan Hubungan Tali Silaturahmi
Silaturahmi tak hanya memperpanjang umur manusia secara hakiki saja, namun bisa mempermudah kita dalam mendapatkan rezeki berupa jodoh. Cobalah tengok hubungan kamu dengan sanak saudara yang sempat terjadi permasalahan dan cobalah rekatkan kembali hubungan kekeluargaan tersebut karena Allah semata. Karena “Sesungguhnya orang mukmin itu bersaudara. Oleh karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri kalian dihadapan Allah agar kalian mendapatkan rahmat” (QS Al Hujurat 10)

Menggunjing Dan Mengadu Domba Manusia
Perbuatan yang kadang dirasa bukan seperti sebuah dosa yaitu menggunjing, ternyata dapat menghalangi seseorang dalam mendapatkan jodohnya. Bahkan pergunjingan yang mengarah pada sifat adu domba pun akan jauh lebih buruk dimana terjadi fitnah yang akan merugikan dirinya sendiri.
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka buruk, karena sebagian dari prasangka adalah dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari keburukan orang lain, menggunjing satu dengan yang lainnya. Adakah diantara kalian yang suka memakan daging bangkai saudaranya sendiri? Maka tentu kamu akan merasa jijik kepadanya” (QS Al Hujurat 12)

Memakan Makanan Yang Haram
Urusan di dunia ini tidak akan pernah lepas dari yang namanya Halal dan Haram. Menggunakan barang atau memakan makanan yang haram dapat menjauhkan seseorang dari mendapatkan rezeki. Saat mendapatkan jodoh pun akan terasa sulit, cobalah intropeksi diri kamu apakah selama ini makanan yang dimakan merupakan dari hasil yang haram atau tidak? Untuk mereka yang kaya, cobalah cek apakah harta yang didapat sudah dibayarkan zakatnya? Karena zakat tersebut merupakan hak orang lain yang telah Allah titipkan kepadaNya.

Berbuat Kikir Kepada Sesama Muslim
Kemudahan dalam mendapatkan jodoh bisa dilakukan dengan jalan bersedekah. Dengan enggan untuk bersedekah akan secara otomatis pula bisa menghambat rezeki berupa jodoh dari Allah SWT. Sebab ada banyak kisah yang menjelaskan bagaimana jodoh dapat dijemput dengan jalan bersedekah, mau untuk saling memberi dan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan hanya karena Allah semata. Dengan mengetahui dari ke 8 dosa tersebut, secara tidak disengaja pun sebenarnya kita sudah disadarkan untuk selalu berintropeksi diri dan mau pula untuk melakukan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Karena jodoh bukan hanya untuk urusan duniawi saja, namun lebih jauh lagi bisa menjadi pendamping hidup yang akan menemani kehidupan kita didunia maupun di akhirat nanti.

Maka mulailah dari sekarang juga untuk mengubah kebiasaan buruk kamu, seperti menghindari hari valentine dengan gaya berpacaran seperti kaum-kaum kafir. Dan jika harus terpaksa juga untuk melakukan sebuah hubungan dengan orang yang memang kita cintai, jangan sampai pula melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama islam dengan menodai aqidah maupun qaidah, agar Allah SWT tidak murka dan mau mempermudah untuk memberikan jodohnya kepada kita. Seperti lewat informasi selengkapnya dari sumbernya lansung yang bisa kamu baca kesitus
http://www.kabarmakkah.com

16 Responses to "Dosa Besar Penyebab Jodoh Tidak Diberikan Oleh Allah"

Arieyahya™ mengatakan...

Saya sadar jika dari ke 8 dosa besar tersebut, terutama perbuatan syirik, ternyata bisa saja menjauhkan rezeki berupa jodoh oleh Allah lansung..

Dilla Setiawan™ mengatakan...

mencari jodoh yang baik memang tidak mudah ya, karena sudah diatur oleh Allah dengan perkara baik dan buruk yang ada pada diri setiap manusia

Selvie Agustine™ mengatakan...

selagi masih muda maka perbaikilah ahlak dan cara pergaulan kita, agar jodohnya mudah didapat

Selvie Agustine™ mengatakan...

Kenapa harus 2x juga sih aku isi/kirim komentarnya, baru bisa muncul..?!

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Agustine
ga tahu juga kenapa di blogger harus 2x kirim komentarnya, mungkin servernya sedang diperbaiki..

Arie Dickinson mengatakan...

@Neng Agustine
Kalau mau 1x kamu pakai jaringan 5G untuk kirim komentarnya tuh.. ☻

Jessica Shintya™ mengatakan...

Durhaka sama ORTU dan suka berzina disaat masih pacaran, hal tersebutlah yg menyebabkan sulitnya mendapatkan jodoh..

Ahmad Nurazis mengatakan...

Jodoh itu memang misteri Illahi, yg kadang tanpa dicari pun dia akan datang. Tapi akan sulit juga mencari jodoh yg berahlak baik seperti pada surat QS An-Nur :26

Reny Dwiyantie mengatakan...

Kenapa jodoh itu susah dicarinya? Sebab pernikahan itukan ibadah, makanya Allah hanya akan ridho kepada setiap hamba yang memang bersungguh2 ingin mendapatkan pasangan hidupnya untuk dunia dan di akhirat nanti..

Desy Clariesya mengatakan...

Makna pada surat An-Nur ayat 26 saja sudah menjelaskan jika Allah itu hanya akan memberikan jodoh yang terbaik kepada umatnya nabi Muhammad SAW yang mau bersungguh2 untuk bertaqwa kepadaNya

Bayu Rosidan mengatakan...

Jodoh ini memang misteri ilahi yang terkadang gak bisa dicerna oleh akal sehat manusia, makanya banyak orang yang lebih suka nyari jodohnya ke orang pintar atau dukun

Hasbi Manaf mengatakan...

Usahakan jangan sampai musyrik dan duharka sama orangtua agar dipermudah jodohnya oleh sang khaliq (Allah)

Rizal Tantowi™ mengatakan...

Gak perlu pacarannya itu sampai bertahun² yang artinya cukup 6 bulanan s/d 1 tahunan saja, lalu mintalah kepada pacar dari cowoknya untuk siap melamar tanpa mahar yang besar, agar tidak terjadi hubungan zina. Dan hindari berbuat syirik pergi keorang pintar jika cinta kita ditolak...!!

Karina Putrie™ mengatakan...

Perkara jodoh itu memang menjadi sebuah misteri yang biasanya sering terjadi pada kaum bani adam yang maunya hanya pacaran saja tapi tidak mau untuk menikah lantaran belum mampu secara ekonominya..

Abdul Muhidin mengatakan...

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻨﻜِﺤُﻮﺍ ﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛَﺎﺕِ ﺣَﺘَّﻰٰ ﻳُﺆْﻣِﻦَّ ۚ ﻭَﻟَﺄَﻣَﺔٌ ﻣُّﺆْﻣِﻨَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِّﻦ ﻣُّﺸْﺮِﻛَﺔٍ ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﻋْﺠَﺒَﺘْﻜُﻢْ

“Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita Musyrik, sebelum mereka beriman. Dan sungguh wanita budak yang Mu’min itu lebih baik daripada wanita Musyrik, walaupun dia menarik hatimu” [al-Baqarah 2:221][1]

Rianty Agraenie™ mengatakan...

Untuk laki² memang tak mudah untuk menjemput jodohnya, dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

ﻭَﻟَﺎ ﺗُﻤْﺴِﻜُﻮﺍ ﺑِﻌِﺼَﻢِ ﺍﻟْﻜَﻮَﺍﻓِﺮِ

“Dan janganlah kamu tetap berpegang pada tali (perkawinan) dengan perempuan-perempuan yang kafir (Musyrik)” [al-Mumtanah 60:10]