Cara Benar Dan Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan




Tahukan kamu jika berpuasa disiang hari itu tidak lantas akan menjadikan tubuh kita menjadi lesu. Sebab pola makan yang berubah selama bulan puasa harus disiasati juga dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan segala macam aktifitas khususnya di siang hari. Entah itu dikantor ataupun dirumah berkumpul bersama keluarga tercinta, terlebih lagi, setelah melewati bulan suci ramadhan. Selain menjadi lebih dekat kepada Allah SWT, kita juga bisa menjadi individu yang lebih sehat daripada hari-hari yang sebelumnya. Dan berikut ini aku akan berikan beberapa tips sehat untuk menjalankan ibadah dibulan suci ramadhan yang penuh dengan hikmah dan barokah selama satu bulan penuh ini, yang Insya Allah ada mamfaatnya untuk kalian coba.

Baca Juga : Beberapa Hadist Palsu Dari 30 Keutamaan Sholat Tarawih

Cara Benar Makan Sahur
Aturlah waktu kamu untuk menyantap makan sahur menjelang di akhir waktu antara satu hingga setengah jam sebelum waktu imsak tiba. Selain bisa berguna untuk menunjang puasa disiang hari, makan sahur di akhir waktu pun lebih diutamakan yang tentunya berdasarkan sunnah Rasul. Agar tidak banyak melakukan aktifitas setelah selesai makan.



Makanlah Dengan Porsi Normal
Janganlah dibiasakan berlebihan pada saat mengkonsumsi makanan yang kurang akan karbohidrat kompleks, protein, serta buah dan sayuran, dan biasakanlah menyantap makanan yang mengandung banyak air terutama selama sahur, sebab sangat baik secara ilmu kesehatan untuk hidrasi pada tubuh kamu sepanjang hari.



Akhiri Sahur Kamu Dengan Segelas Susu
Untuk melengkapi nutrisi tubuh kamu. Minumlah segelas susu, suplemen ataupun multivitamin yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Sebab susu memang terbukti kaya akan nutrisi yang sangat mampu menetralisir racun dalam tubuh, entah itu dari lingkungan yang tidak sehat ataupun dari makanan sangatlah berbahaya karena bisa saja dengan mudah menganggu kesehatan dan juga pencernaan.



Hindari Mengkonsumsi Makanan Yang Terlalu Manis
Jangan terlalu berlebihan menyantap makanan dan juga dari jenis minuman yang mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh kamu akan mudah menjadi lemas khususnya disiang hari.



Minum Air Putih (mineral)
Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air putih yang cukup dari mulai tiga hingga lima gelas. Dan sebaliknya hindarilah minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik yang bisa lebih cepat akan membuat tubuh kamu kehilangan cairan melalui urinasi (pipis).



Istirahatkan Tubuh Kamu
Luangkanlah dan sempatkan juga sedikit waktu agar bisa mengistirahatkan tubuh kamu untuk mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk bersantab sahur. Tepatnya diwaktu setelah sholat zuhur ataupun Ashar, terutama disaat sedang libur kerja. Sebab merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.



Mengkonsumsi Buah Kurma
Disaat waktu berbuka puasa telah tiba, makanlah beberapa buah kurma seperti yang di sunnahkan oleh Rasul karena memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi yang merupakan sumber energi agar dapat membantu tubuh kembali bugar setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Maka dengan mengkonsumsi kurma setiap berbuka merupakan cara yang sangat tepat. Namun bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak juga mengkonsumsi buah kurma karena kandungan glukosa dalam buah kurma sangatlah tidak baik bagi penderita diabetes. Dan minumlah saja yang manis-manis seperti susu, jus sayuran dari wortel, jus buah pepaya, mangga, dengan kaya serat, ataupun sekedar air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.



Hindarilah Mengkonsumsi Gorengan
Jangan dibiasakan menyantap jenis makanan seperti goreng-gorengan secara berlebihan. Sebab Kadar kolesterol yang sangat tinggi dari minyak goreng bekas yang sudah dipakai berulang-ulang kali akan membentuk lemak dan dapat memicu juga penyakit serangan jantung, memicu penyakit tekanan darah tinggi. Gatal pada tenggorokan yang disebabkan oleh senyawa akreolin yang terbentuk dari pengendapan pada minyak goreng tersebut. Puncaknya pun dapat menyebabkan infeksi pada saluran tengorokan dan pernapasan hingga timbul batuk kronis. Serta batasi pula makanan yang agak terlalu pedas agar perut tidak mudah menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuh kamu.

Mungkin hanya sedikit tips sehat sederhana ini saja yang bisa aku sampaikan, Dan semoga saja dengan menjalankan tips-tips sehat ini puasa kita semua bisa menjadi lebih baik lagi, lancar, hikmat, dan juga sehat untuk bisa meraih kemenangan diakhir bulan suci ramadhan ya sobat. Amiiin ya Allah..

0 Response to "Cara Benar Dan Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan"