Hikmah Dan Mamfaat Puasa Untuk Keimanan




Dalam sebuah hadist Allah Taala telah mewajibkan kepada seluruh umat kaum muslimin untuk menjalankan puasa sepanjang bulan Ramadhan, sebab bulan tersebut merupakan sayyidusy syuhuur (penghulu bulan-bulan lainnya), padanya pula dimulai penurunan Al-Qur-an. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ketaatan, pendekatan diri, kebajikan, kebaikan sekaligus sebagai bulan pengampunan, rahmat dan keridhaan. Padanya pula tedapat malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Mengenai keutamaan dibulan puasa ini telah disebutkan pula dalam banyak hadits, dan yang salah satu di antaranya dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:


“ْﺚُﻓْﺮَﻳ َﻼَﻓ ﺎًﻤِﺋﺎَﺻ ْﻢُﻛُﺪَﺣَﺃ َﻥﺎَﻛ ﺍَﺫِﺈَﻓ ٌﺔَّﻨُﺟ ُﻡﺎَﻴِّﺼﻟَﺍ :ْﻞُﻘَﻴْﻠَﻓ ،ُﻪَﻤَﺗﺎَﺷ ْﻭَﺃ ُﻪَﻠَﺗﺎَﻗ ٌﺅُﺮْﻣﺍ ِﻥِﺇَﻭ ْﻞَﻬْﺠَﻳ َﻻَﻭ ٌﻢِﺋﺎَﺻ ﻲِّﻧِﺇ ) ِﻦْﻴَﺗَّﺮَﻣ ( ،ِﻩِﺪَﻴِﺑ ﻲِﺴْﻔَﻧ ْﻱِﺬَّﻟﺍَﻭ ،ْﻦِﻣ ﻰَﻟﺎَﻌَﺗ ِﻪﻠﻟﺍ َﺪْﻨِﻋ ُﺐَﻴْﻃَﺃ ِﻢِﺋﺎَّﺼﻟﺍ ِﻢَﻓ ُﻑْﻮُﻠُﺨَﻟ ُﻪَﺗَﻮْﻬَﺷَﻭ ُﻪَﺑﺍَﺮَﺷَﻭ ُﻪَﻣﺎَﻌَﻃ ُﻙُﺮْﺘَﻳ ،ِﻚْﺴِﻤْﻟﺍ ِﺢْﻳِﺭ‎ ‎ُﺔَﻨَﺴَﺤْﻟﺍَﻭ ،ِﻪِﺑ ﻱِﺰْﺟَﺃ ﺎَﻧَﺃَﻭ ﻲِﻟ ُﻡﺎَﻴِّﺼﻟَﺍ ،ﻲِﻠْﺟَﺃ ْﻦِﻣ ﺎَﻬِﻟﺎَﺜْﻣَﺃ ِﺮْﺸَﻌِﺑ.”


Puasa itu adalah perisai. Oleh karena itu, jika salah seorang di antara kalian berpuasa, maka janganlah dia berkata-kata kotor dan tidak juga berlaku bodoh. Jika ada orang yang memerangi atau mencacinya, maka hendaklah dia mengatakan ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa’ (sebanyak dua kali). Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada aroma minyak kesturi, dimana dia meninggalkan makanan,‎ minuman, dan nafsu syahwatnya karena (Allah). Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan pahala kepadanya dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali dari kelipatannya.”

Hikmah Dan Manfaat Puasa di bulan suci ramadhan, dimana bulan yang penuh hikmah dan banyak manfaatnya bagi seluruh umat manusia, khususnya umat muslim. Sebab dengan berpuasa berarti kita sudah mampu juga untuk bisa menahan diri dari rasa lapar dan haus serta hawa nafsu, sebab biasanya badan akan terasa lemas hingga menjadi malas untuk mengerjakan segala macam kegiatan ataupun aktifitas.

Hikmah positif yang bisa didapatkan adalah, kita bisa lebih untuk saling perduli terhadap sesama. Khususnya anggota keluarga, dikarenakan dengan berpuasa kita bisa melatih diri untuk melawan rasa lapar dan haus, sehingga akan lebih merasakan penderitaan dari saudara-saudara kita yang kurang mampu. Yang pada akhirnya akan lebih mudah untuk bisa saling berbagi. Dalam bulan ramadhan pun kita bisa lebih mempererat hubungan tali silatuhrahmi antara saudara dan sesama. Sebab Allah telah manjanjikan bagi siapa saja diantara orang-orang yang rajin bersilaturahmi maka manfaatnya adalah rezekinya akan semakin luas serta umurnya akan di panjangkan.

0 Response to "Hikmah Dan Mamfaat Puasa Untuk Keimanan"