Beberapa Jenis Buah Yang Terbukti Tinggi Vitamin C




Mungkin selama ini yang kita ketahui dari beberapa jenis buah dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi biasanya akan lansung menunjuknya ke buah jeruk. Padahal, jeruk sendiri bukanlah sebagai buah dengan kandungan vitamin C dosis tinggi. Karena ternyata ada juga jenis dari buah yang terbukti mengandung vitamin C paling tinggi yaitu buah jambu biji. Sebab kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg, yang tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang hanya mengandung sebesar 59-83 mg per satu buahnya.

Ternyata masih ada juga buah yang lainnya dengan kandungan tinggi pada vitamin C yang merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan lainnya. Selain itu, vitamin C juga mempunyai peran lain, seperti membantu untuk dengan mudah meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati, membantu mencegah kerusakan sel sehingga dapat mengurangi resiko penyakit kanker, dan juga dapat melindungi tubuh manusia dari berbagai macam infeksi karena vitamin C dapat sedikit membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Karena adanya fungsinya yang penting inilah, maka tak heran jika tubuh kita membutuhkan banyak asupan vitamin C dari makanan. Salah satu sumber vitamin C adalah buah-buahan. Tidak hanya jeruk, sebab masih banyak lagi buah yang mengandung vitamin C. Beberapa buah lainnya yang mengandung vitamin C adalah:

Baca Juga Sobat : Jenis Makanan Kaya Kabohdirat Yang Baik Untuk Tubuh



Dengan Buah Jambu Biji
Jambu Biji merupakan buah yang terbukti mengandung vitamin C paling tinggi karena lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk. Selain vitamin C, jambu biji pun juga mengandung banyak serat yang juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk. Jadi sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram setiap harinya agar bisa dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan.



Dengan Buah Pepaya
Hanya dengan setengah buah pepaya saja ternyata sudah mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C yang jumlah inipun sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C yang ada pada buah jeruk. Karena berdasarkan penelitian, mengkonsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang ditubuh kita. Sebab hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya. Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1, kalium, dan kalsium. Kandungan yang sangat banyak inipun, tentu saja memberi manfaat bagi tubuh, seperti untuk memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mampu mengontrol tekanan darah (kalium) dalam tubuh.



Dengan Buah Kiwi
Jenis yang berikutnya yaitu dari buah Kiwi yang mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buahnya. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C-Nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh. Buah kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Sedangkan, mineral yang terkandung dalam buah kiwi adalah kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Selain itu, buah kiwi juga sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak zat omega 3 yang baik untuk kinerja otak kita.



Dengan Buah Jeruk
Ternyata Buah jeruk sebagai salah satu jenis antioksidan, flavonoid, yang banyak terkandung pada serabut putih jeruk ini dapat memberikan peningkatan sistem Imun ditubuh manusia. Kandungan vitamin C sebesar 59-83 mg dan beta cryptoxanthin pun dapat berfungsi sebagai bentuk antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit peradangan sendi. Selain itu kandungan vitamin C pada daging buahnya sama juga dengan vitamin C yang ada pada serabut putihnya yang otomatis bisa menambah asupan vitamin C untuk tubuh. Buah Jeruk pun terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah Kanker, menjaga kesehatan Jantung, mencegah kerusakan Kulit, dan kaya juga akan kabohidrat yang sangat baik untuk metabolisme tubuh kita.



Dengan Buah Stroberi
Hanya dengan setengah gelas 125 ml dari Stroberi saja ternyata mengandung 52 mg vitamin C. Yang lebih sedikit dibawah nilai kandungan vitamin C dari buah jeruk, akan tetapi buah stroberi tetap saja mempunyai manfaat banyak bagi tubuh. Karena selain vitamin C. Walaupun sedikit asam pada rasanya namun stroberi inipun juga mengandung antosianin dan asam ellagic, yang berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah ini dapat membantu mencegah diri kita dari serangan penyakit seperti kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf. Buah stroberi juga kaya akan antioksidan dan juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium, yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.



Dengan Buah Nanas
Untuk buah Nanas yang hanya sebesar 39-49 gram saja sudah memiliki vitamin C yang terkandung dalam setengah gelas 125 ml yang tidak berbeda jauh juga dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi. Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan Bromelain yang ada di dalamnya. Karena Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mampu terbukti untuk mengurangi rasa kembung dilambung, serta dapat bertindak sebagai anti peradangan. Buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A dalam jumlah yang sedikit, akan tetapi tetap baik untuk dikonsumsi sebagai makanan penutup.



Dengan Buah Mangga
Sekalipun buah Jambu Biji paling tinggi nilai kandungan vitamin C-Nya. Dan buah Mangga lebih sedikit dari kandungan vitamin C yang ada pada buah-buahan diatas, karena kandungan vitamin C dalam buah mangga sendiri adalah sebesar 29 mg saja. Selain sebagai sumber vitamin C, mangga juga sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga. Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga inipun terbukti dapat membantu melindungi kita dari berbagai jenis penyakit seperti Anemia, kanker, jantung, kelesterol, dan mampu melancarkan pencernaan diusus kita.

Silakan Baca Juga : Jenis Buah Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi Untuk Pencernaan

Setelah mengetahui banyaknya jenis-jenis dari buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C ini, ternyata hanya Jambu Biji saja yang sudah diketahui sebagai sumber vitamin C paling kaya. Sebab kandungannya memang paling tinggi dibanding buah-buahan lainnya, yang merupakan buah-buahan tropis yang tumbuh dengan baik di Indoensia. Jadi bila kamu ingin membutuhkan asupan vitamin C dari buah-buahan ini, maka tak perlu juga harus mencari buahnya yang harganya mahal. Selain itu kandungan vitamin C juga ada pada buah Pisang (8,7 mg), Nangka (13,7 mg), Alpukat (17,4 mg), Durian (19,7 mg), Markisa (30 mg), Anggur (31,2 mg), Belimbing (34,4 mg), Melon (36,7 mg), dan Kesemek (66 mg). Jadi silakan saja kalian pilih dari jenis buah-buahan yang paling disuka untuk dikonsumsi sehari-hari agar tubuh pun bisa tetap sehat terus nantinya.

18 Responses to "Beberapa Jenis Buah Yang Terbukti Tinggi Vitamin C"

Imam Wahyudie™ mengatakan...

Tak pikir selama ini hanya buah jeruk saja loh yang kandungan vitamin c dengan dosis paling tinggi, dan ternya jambu biji yang paling tinggi

Stephany Shintya™ mengatakan...

Kalau untuk buahnya sendiri aku tetap lebih suka pepaya, karena kandungan seratnya juga terbukti lebih baik dari buah pisang..

Reny Dwiyantie mengatakan...

buah stobery juga enak rasanya jika dimakan tanpa gula, sekalipun rada sedikit asam tapi aku tetap suka

Dilla Setiawan™ mengatakan...

buah mangga saja kalah ya sama jambu biji, jadi memang harus teliti juga jika ingin mendapatkan vitamin c dosis tinggi

Hasbi Manaf mengatakan...

Vitamin C itu terbukti bisa menyembuhkan sariawan dan juga menambah nafsu makan, jadi harus tiap hari makan buahnya sekalipun rasanya asam

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Imam Wahyudie
sesuai dengan urutan dari jenis buahnya, yang jika jambu biji itu lebih tinggi

@Stephany Shintya
karena manis dan tekstur daging buahnya lembut makanya pepaya lebih enak dimakannya

@Reny Dwiyantie
asalkan jangan punya penyakit asam lambung jika ingin menyukainya

@Dilla Setiawan
jika bisa pilih juga dari jenis buah²an yang kaya akan seratnya juga

@Hasbi Manaf
sekalipun rasanya sedikit asam, yang penting banyak mamfaatnya..

Arieyahya™ mengatakan...

Paling enak itu buah jeruk dengan ukuran jumbo seperti jeruk bali, karena semakin banyak makan buahnya, maka semakin bertambah juga kandungan dari setiap vitamin C-nya.. ☺

Desy Clariesya mengatakan...

Buah kiwi juga enak dan segar dimakan, apalagi dibuatkan es yang ternyata kandungan vitamin C-nya lebih tinggi juga dari jeruk ya

Ridwan Ghazali™ mengatakan...

Padahal buang nangka manis banget rasanya dan terasa nikmat jika dibuatkan kolak dengan pisang, tapi kalah sama buah jambu biji ya

Selvie Agustine™ mengatakan...

kalau seandainya susu juga memiliki vitamin c mungkin juga bisa lebih disukai lagi ya sama banyak orang dewasa..

Abdul Muhidin mengatakan...

vitamin yang ada dibuah buahan ternyata gak kalah juga ya sama jenis daging hewan yang terbukti sangat baik untuk kesehatan

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Arieyanto
tapi tetap saja akan kalah nilai kandungannya dari buah²an yang udah aku sampaikan.. ☺

@Desy Clariesya
buah dari jenis apapun memang lebih enak dimakan disaat dingin

@Mr Likerz
tapi dari kandungan gizinya tetap masih lebih baik buah nangka..

@Selvy Agustine
belum pernah ada dari jenis² susu yang memilki kandungan C loh.. ☺

@Abdul Muhidin
makanya buah²an ini sering dipakai juga untuk keperluan jenis obat²an

Rianty Agraenie™ mengatakan...

vitamin C itu juga bisa digunakan loh untuk mengobati sariawan dan panas dalam, yang zatnya juga ada pada buah²an diatas..

Rizal Tantowi™ mengatakan...

Apakah buah semangka tidak memiliki vitamin c ataupun nilai gizi yang lainnya? Untuk kesehatan tubuh manusia

Arie Dickinson mengatakan...

Intruksi..!! nih, yang sudah jelas² jika buah jeruk itu ada diurutan ke 4 dari ketiga buah yang ada dibawahnya.. ☻

Jessica Shintya™ mengatakan...

Tapi aku tetap saja sukanya itu sama jeruk, karena gak pernah bosan loh, yang terutama jika sedang musim kemarau dibuatkan sebagai jus minuman.. ☺

Bayu Rosidan mengatakan...

Yang namanya buah buahan pasti punya perbedaan dari pro dan kontranya, temasuk juga jenis dari beragam pada mamfaat daging hewan

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Rianty Agraenie
selain pakai Abothyl, mengkonsumsi vitamin C 1000 mg juga bisa mengobati sariawan

@Ahmad Fahmi
vitamin dan gizinya pun juga banyak, tapi jika semangka dikonsumsi secara berlebihan akan membuat tekanan darah menjadi rendah..

@Arieyanto
iya sih! tapikan masih dibawah banget sama buah jambu biji. hehe..

@Jessica Shintya
selain pakai sirup, buah jeruk juga nikmat ya dibuatkan jus penghilang sariawan.. ☺

@Bayu Rosidan
karena setiap makanan dan minuman pun dibuatkan juga karena sesuai kebutuhan..