Jenis Buah Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi Untuk Pencernaan




Ternyata hampir semua orang sudah mengetahui bahwa Serat adalah salah satu zat pangan paling penting yang harus ada dalam menu makanan sehari-hari. Walaupun demikian, tetap saja masih banyak juga orang-orang dewasa yang tidak begitu peduli akan pentingnya untuk mengkonsumsi serat ini. Padahal serat yang terkandung dalam makanan khususnya dari beberapa jenis buah-buahan sangatlah berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan yang terbukti mampu untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang serius seperti penyakit Anemia, Kekurangan Darah, Jantung, Gagal Ginjal, PMS, Obesitas dan lainnya.

Karena mengingat pentingnya peran serat dalam tubuh, setidaknya seorang harus bisa mengkonsumsi 25 gram serat dan 38 gram setiap harinya. Dan alangkah baiknya pula setiap selesai makan jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat untuk membantu proses pencernaannya, yang jika kalian belum mengetahui betul makanan apa saja yang mengandung serat dalam jumlah tinggi, maka ada baiknya juga untuk menyimak ulasan singkatnya dibawah ini

Silakan Baca Juga : Mamfaat Dari Ke 6 Jenis Sayuran Penambah Darah

Berikut Ini Beberapa Jenis Buah Buahan Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi Yang Baik Untuk Dikonsumsi



Buah Pepaya
Kandungan yang terdapat pada Buah Pepaya sangat rendah mengandung lemak dan 0 kolesterol, namun kaya dengan beragam jenis nutrisi yang sangat dubutuhkan oleh tubuh setiap hari. Pepaya mengandung Carbohydrates (9.81g), serta serat 1.80 g atau 4.5% dari total kebutuhan harian yang disarankan oleh dokter. Pepaya juga mengandung beberapa vitamin B kompleks dalam jumlah yang baik, seperti Folat, Niacin, Pantothenic Acid, Pyridoxine, Riboflavin , serta Thiamin. Dan jenis Vitamin penting lain yang bisa diperoleh dari pepaya adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K. Pepaya juga mengandung elektrolit dengan jumlah yang cukup baik, yaitu kalium serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, pospor, dan juga zinc yang terbukti mampu mempermudah proses BAB kita



Buah Mangga Atau Dari Jenis Yang Lainnya
Buah dari jenis ini mampu untuk mengatasi dan meringankan Sembelit dengan sebuah Mangga yang berukuran rata-rata memiliki hingga 40% kebutuhan Serat harian tubuh kita. Karena Serat dapat merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan sisa makanan didalam usus manusia, sehingga dapat membantu memperlancar saluran pencernaan dan dapat bertindak sebagai obat alami juga untuk penyakit sembelit, selain itu buah Mangga inipun kaya akan Beta Karoten yang sangat kuat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya tahan terhadap jenis bakteri dan juga racun yang masuk kedalam anggota tubuh kita.



Buah Jeruk
Selain kaya dengan kandungan vitamin C, ternyata Serabut Putih dari buah jeruk ini sangat terbukti mengandung serat yang tinggi. Akan tetapi jika dikonsumsi dengan menghilangkan serabut putihnya maka serat pun akan sedikit berkurang, maka akan semakin sedikit pula kandungan serat dari jeruk yang nantinya akan kita dapatkan hingga 30 persen dari kandungan serat pada jeruk tersebut. Sebab Pektin dari jenis serat yang hadir dalam serabut putih buah jeruk sendiri sangat mampu melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh kita. Selain itu Pektin adalah serat yang ditemukan dalam buah bisa mengikat Kolesterol dan Trigliserida yang cukup berlebihan.



Pisang Ambon Atau Jenis Yang Lainnya
Buah dari jenis Pisang Ambon ini mampu Melancarkan sistem pencernaan, Mengobati Anemia, Mengurangi Berat Badan, Menghindari Diabetes, karena gangguan sistem pada pencernaan dalam tubuh manusia bisa diakibatkan karena kesalahan dalam pola diet dan menu makanan yang sehari-hari kita konsumsi. Pisang ambon ini terbukti sangat kaya akan serat yang dapat membantu proses pencernaan didalam tubuh. Selain itu manfaat vitamin B yaitu vitamin B-6 Nya mampu menangkal diare. Pisang ambon juga memiliki sifat antacid serta mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi oleh orang-orang dengan gangguan asam lambung. Dan menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mau makan pisang ini secara teratur akan memiliki dinding lambung yang kuat daripada orang-orang yang justru dengan sengaja menghindari untuk mengkonsumsi pisang ambon ini.



Buah Alpukat
Serat yang terkandung dalam buah Alpukat ini termasuk yang paling tinggi diantara dari jenis makanan lainnya. Sebab dalam satu cangkir atau 100 gram alpukat kita bisa memperoleh 7 gram serat atau sekitar 28% dari kebutuhan serat harian. Alpukat juga bisa dinikmati dengan berbagai cara yang umumnya disajikan sebagai bahan campuran untuk Es minuman dengan buah kelapa muda, akan tetapi kandungan seratnya akan lebih optimal diserap oleh tubuh jika dikonsumsinya secara langsung. Selain itu, mengkonsumsi buah Alpukat yang kaya akan asam lemak sehat ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kulit khususnya untuk kaum dari wanita.



Buah Pear
Buah yang masih satu keluarga dengan Apel ini ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, karena buah Pear yang disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya yang segar ini mengandung setidaknya 3,1 gram serat dalam 100 gram daging buah dan kulitnya. Dan tidak hanya mengandung serat yang tinggi, buah Pear juga kaya akan vitamin C, K, dan Potassium yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem saraf dalam tubuh yang umumnya disukai oleh anak-anak usia diatas 8 tahun dan juga orang-orang dewasa.



Buah Apel Atau Dari Jenis Yang Lainnya
Jenis dari buah Apel ini dapat membantu sistem pencernaan didalam usus karena mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga penyakit seperti sembelit dan diare pun dapat dicegah dengan mudah. Apel pun juga mengandung Pektin yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga dapat membantu usus untuk bekerja lebih maksimal. Selain itu kandungan Serat yang terdapat pada buah Apel akan mengikat lemak di usus sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol yang bisa dijadikan juga sebagai program diet alami.



Buah Nanas
Buah nanas secara alami memiliki kandungan yang kaya akan serat, baik itu untuk meningkatkan sistem pencernaan, nanas pun memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang mampu menyerap air pada usus didalam tubuh kita. Dan untuk pencernaan yang normal diharuskan juga mengkonsumsi 14 gram serat dari 1000 kalori perharinya, karena itu bisa didapatkan pada buah nanas. Menurut Colorado State University Extension, makan buah nanas setengah potong saja sudah mengandung 2,2 gram dari total serat makanan yang memang dibutuhan oleh tubuh.



Buah Melon
Jenis dari buah Melon ini mengandung sejumlah serat yang dapat membantu pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan, yang artinya, dengan mengkonsumsi buah melon bisa mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, buah melon juga sangat rendah kalori sebagai alat untuk asupan diet. Manfaat melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan, serta menghindari dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi dan kanker.

Pesan Singkat Tambahannya
Tentunya setelah mengetahui beberapa mamfaat dari jenis buah-buahan yang sudah aku sampaikan ini, maka kita pun bisa sedikit mengubah cara benarnya untuk mengkonsumsi buah mana saja yang terbukti sangat baik buat melancarkan proses pencernaan didalam tubuh kita dengan memilih dari salah satu ataupun lebih dari jenis buah yang disukai, selain itu buah-buahan tersebut pun bisa dengan mudah ditemukan dipasar tradisional dan juga pasar swalayan tuh sobat

15 Responses to "Jenis Buah Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi Untuk Pencernaan"

Arie Dickinson mengatakan...

Buah seperti pepaya dan mangga memang tinggi kandungan seratnya, sekalipun saya sudah gak pernah bisa makan lagi, terutama buah jeruk bali yang besar loh.. ☺

Jessica Shintya™ mengatakan...

Buah dari jenis apapun aku pasti suka yang asalkan rasanya manis, karena bisa membantu proses pencernaan. Terutama buah jeruk..

Rizal Tantowi™ mengatakan...

serat dari jenis buah maupun sayuran memang dibutuhkan untuk membantu pencernaan, tapi jangan terlalu banyak makannya sebab nanti kekenyangan

Imam Wahyudie™ mengatakan...

Kalau saya pribadi buah mangga paling sering jadi makanan penutup selain dari jenis sayuran sebagai alat seratnya

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Arieyanto
jeruk bali sih gak begitu banyak kandungan dari seratnya, paling hanya muasin kita saja loh.. ☺

@Jessica Shintya
usahakan jangan jeruk bali, sebab jenis buahnya hanya untuk kaum adam saja tuh. hehe.. ☺

@Fahmi Ahmad
terutama hindari buah pisang karena memiliki kandungan kabohidrat

@Imam Wahyudie
selain buah, jenis² dari sayuran pun juga harus bisa kita konsumsi

Rianty Agraenie™ mengatakan...

Kalau buah pepaya teksturnya lebih lembut dan sangat cocok jua buat anak kecil karena terbukti bisa melancarkan pencernaan ditubuh kita

Ridwan Ghazali™ mengatakan...

ternyata sayuran pun masih kurang ya, yang harus dengan buah juga agar BAB kita bisa lancar dan tidak sembelit

Stephany Shintya™ mengatakan...

selain itu bisa juga dibuatkan menjadi jus dari beberapa jenis buahnya, terutama alpukat dan buah apel

Hasbi Manaf mengatakan...

Buah dari jenis apapun hampir semuanya saya sukai, apalagi terbukti bisa melancarkan BAB

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Rianty Agraenie
selain untuk dewasa, pepaya juga bisa dicerikan kebalita usia 2 tahun keatas..

@Mr Likerz
jika ingin lancar BAB-Nya musti harus disiplin mengkonsumsi seratnya

@Sephany Shintya
sebagai tambahan, buah tomat pun bisa dijadikan jus karena kaya seratnya

@Hasbi Manaf
karena banyaknya kandungan gizi dan jenis vitaminnya makanya buah²an pasti disukai..

Dilla Setiawan™ mengatakan...

kalau aku paling suka pepaya setelah selesai makan, dan untuk pisang ambon biasanya dimakan iseng saja sambil duduk santai mba..

Bayu Rosidan mengatakan...

Mau dimakan lansung ataupun dibuatkan jus tetap saja buah seperti alpukat dan melon akan selalu enak dikonsumsi

Selvie Agustine™ mengatakan...

yang namanya pisang ambon sudah menjadi buah favorit aku yang sebelum maupun sesudah makan pasti tetap enak dimakannya. hehe.. ☺

Desy Clariesya mengatakan...

buah nanas juga enak di konsumsi walaupun tidak terlalu baik untuk wanita yang memiliki penyakit keputihan

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Dilla Setiawan
kalau pisang ambon memang selalu enak dimakan dengan suasana apapun

@Bayu Rosidan
semua memang tergantung dari seleranya masing² orang mas

@Selvy Agustine
tapi jangan terlalu banyak, karena pisang ambon kaya akan lemak dan karbohidrat loh..

@Desy Clariesya
padahal rasanya buahnya segar loh, sekalipun lebih cocoknya itu disukai oleh kaum adam saja