Jenis Ikan Yang Memiliki Kandungan Zat Omega 3




Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa memang selalu disarankan untuk mengkonsumsi omega 3 ini, bahkan ibu yang sedang hamil pun harus mengkonsumsi omega 3 yang cukup untuk mendukung proses perkembangan jaringan otak janin dengan memiliki manfaat yang lebih besar untuk memberi perlindungan pembuluh darah yang bekerja untuk jantung dan otak agar terlindung dari pembentukan plak dan pembekuan darah.

Bisa meningkatkan jumlah HDL yang merupakan kolesterol baik dan menurunkan jumlah Trigliserida hingga mencegah kolesterol tinggi yang mampu mencegah resiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan pengeroposan tulang seperti radang sendi dan tulang rapuh. Meningkatkan penyerapan kalsium untuk tubuh sehingga bisa mencegah masalah tulang terutama untuk orang lanjut usia.

Pada dasarnya tubuh manusia tidak akan dapat dan mampu untuk memproduksi sendiri dari jenis lemak yang tidak jenuh seperti yang ada di kandungan Omega 3. Untuk itulah diharuskan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang sudah memiliki banyak kandungan Omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Karena zat Omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh yang setiap hari dibutuhkan oleh tubuh dan dapat dengan mudah kita dapatkan dari beberapa asupan makanan sehari hari. Dan berikut ini adalah makanan yang mengandung Omega 3 yang sangat baik untuk di konsumsi oleh tubuh kita

Baca Juga Sobat : Vitamin Dan Mamfaat Buah Cabai Untuk Kesehatan Tubuh



Ikan Salmon
Asam lemak Omega 3 dalam Ikan Salmon yang dikonsumsi bersama dengan obat Anti Depresan yang diberikan oleh dokter, diyakini berguna untuk membantu mengatasi penyakit depresi, dan menurut penelitian apabila wanita hamil yang mau mengkonsumsi asam lemak Omega 3 selama mengandung akan menurunkan resiko depresi pasca kehamilan.



Ikan Kembung
Ternyata jenis dari ikan kecil ini memiliki kandungan nilai gizinya lebih tinggi serta harga lebih murah daripada ikan Salmon. Jika ikan Salmon biasanya dikaitkan sebagai ikan yang kaya Omega 3, ternyata omega 3 yang dimiliki ikan Kembung ini lebih tinggi. Tercatat dari 100 gram ikan Salmon mengandung energi 142 kkal, protein 19,84, lemak tak jenuh 6,343 gram, zat besi 0,80 gram, dan kalsium 12 gram. Sedangkan dari 100 gram ikan Kembung mengandung energi 162 kkal, protein 19,32 gram, lemak tak jenuh 2,343 gram, zat besi 1 mg, dan kalsium 20 mg. Bukan hanya sampai situ saja, yang paling mengejutkan adalah ternyata Omega 3 yang terdapat pada ikan Kembung tiga kali lebih besar daripada ikan Salmon.



Ikan Sarden
Ikan Sarden mengandung 20 gram protein per tiga ons, dan merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D terbaik, yang keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot. Ikan Sarden juga mengandung asam lemak Omega 3 tinggi, yang membantu melawan peradangan dan menurunkan tingkat kolesterol LDL (jahat). Kandungan gizi ikan inipun cukup sempurna yang dibutuhkan oleh tubuh manusia agar tetap sehat organ jasmaninya.



Ikan Kakap Merah
Selain zat gizi yang terdapat di dalamnya, ikan Kakap merah ini juga memiliki berbagai zat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencukupi nutrisi didalam tubuh. Beberapa zat yang terkandung di dalam ikan kakap seperti Selenium, Kalium, dan Omega 3 diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tulang, mencegah terjadinya Kanker, dan bisa mencegah Hipertensi yang dapat terjadi karena tekanan darah meningkat yang disebabkan oleh tidak lancarnya aliran di pembuluh darah.



Ikan Tuna
Ikan Tuna terbukti tinggi akan kandungan lemak Omega 3 dari jenis EPA dan DHA yang mampu mencegah peradangan di dalam tubuh. Peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kandungan pada Asam lemak Omega 3 bentuk EPA dan DHA ini juga dapat menurunkan kadar Trigliserida, sedikit menurunkan tekanan darah, dan mengurangi terjadinya pembekuan darah, mengurangi resiko stroke, dan gagal jantung.



Ikan Lele
Mengkonsumsi ikan Lele adalah cara yang paling mudah untuk bisa meningkatkan asupan asam lemak Omega 3 dan Omega 6 dalam tubuh, karena satu ekor ikan Lele menyediakan 220 mg asam lemak Omega 3 dan 875 mg asam lemak Omega 6. Kedua nutrisi ini sangat berperan dalam kesehatan jantung dan juga fungsi kognitif. Meski demikian hasil penelitian telah mengungkap jika asam Omega 6 dapat mempengaruhi proses pembekuan darah dan rentan terhadap proses oksidasi. Karena hal tersebutlah asam dapat meningkatkan resiko penggumpalan darah didalam tubuh manusia.



Ikan Nila
Kandungan zat Asam lemak Omega 3 yang ada pada ikan Nila ini dapat membantu mengurangi terjadinya Aterosklerosis, serangan jantung dan juga stroke, sedangkan Kalium yang ada pada ikan Nila bersifat untuk mengurangi tekanan darah yang dapat membantu kesehatan Otak dan meningkatkan kekuatan otak dan fungsi Neurologis. Kalium akan meningkatkan Oksigenasi ke otak, dan juga sangat penting sekali untuk keseimbangan cairan didalam tubuh manusia.



Ikan Mujair
Jenis dari ikan Mujair mengandung Omega 3 yang berguna untuk menurunkan kadar Kolesterol dan Trigliserida dalam sistem peredaran darah kita. sehingga baik untuk kesehatan jantung. Omega 3 ini membantu mencegah Ateroskerosis pada serangan stroke. Kandungan ikan Mujair dapat mencegah pembuluh darah dan sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, serta memiliki Vitamin A yang dapat mencegah penuaan dini dan dapat membantu meremajakan kulit kita.



Ikan Mas
Salah satu kandungan yang dimiliki oleh Ikan Mas adalah manfaat dari zat Omega 3 yang sangat baik untuk jantung Arteri Vena, yang membentuk sistem Kardiovaskular. Yang fungsi lainnya yakni mampu untuk selalu mengontrol detak jantung agar tetap normal. Hal ini juga akan melebarkan pembuluh Arteri yang menyempit akibat kelebihan lemak. Bahkan mengkonsumsi 2 porsi dalam seminggu dapat mengurangi resiko kematian gagal jantung.



Ikan Gurame
Keunggulan nutrisi dari ikan air tawar Gurame yang hanya dihasilkan oleh golongan pisces adalah adanya asam lemak Omega 3, karena fungsi dari omega 3 ini sendiri sangat baik untuk perkembangan sel otak, apalagi untuk usia anak-anak. Terbukti menurut penelitian terakhir bahwa anak yang diberi nutrisi minyak ikan atau asam lemak yang berasal dari ikan Gurame ini ternyata terbukti mampu memicu perkembangan sel otak dan kecerdasannya. Anak pun akan lebih mudah untuk mengingat hal-hal yang baru pada di kehidupan sosialnya.

Silakan Baca Juga : Banyaknya Mamfaat Sarapan Pagi Sebelum Berangkat Bekerja

Informasi Tambahan Singkatnya
Selain dari jenis ikan air Asin dan Tawar, ternyata Telur Ayam ataupun Bebek juga mempunyai kandungan asam lemak Omega 3 yang sangat tinggi misalnya saja jika sebutir telur ayam mempunyai kandungan Omega 3-Nya dari 60 sampai 150 mg yang mampu memperbaiki jaringan otak dan dapat mencegah terserang penyakit Alzheimer dimasa tua nanti, selain itu ada juga pada Belut, Daging Sapi, sayur-sayuran seperti Kembang Kol, Bayam, Sawi, Brokoli, daun Selada, dan jenis kacang-kacangan seperti Almond, kacang Hijau, kacang Merah, kacang Kedelai. Jadi kita memiliki banyak pilihannya untuk dikonsumsi setiap hari

16 Responses to "Jenis Ikan Yang Memiliki Kandungan Zat Omega 3 "

Stephany Shintya™ mengatakan...

aku paling suka itu jika makannya pakai ikan kembung dengan sayur asam dan juga sambal

Arie Dickinson mengatakan...

Ternyata kandungan dari zat omega 3 ini sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia ya? Kalaupun saya sendiri sudah agak jarang makan terutama ikan air tawar

Dilla Setiawan™ mengatakan...

kalau ikan tongkol bisa tiap minggu aku konsumsi, tapi ikan salmon sendiri kayaknya emang belum pernah makannya mba.. ☺

Bayu Rosidan mengatakan...

Terima kasih atas infonya karena memang sangat penting mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 ini

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Stephany Shintya
ikan kembung selalu cocok dengan jenis dari sayuran apapun loh..

@Arieyanto
makanya dibiasakan dari sekarang makan ikan²an karna baik untuk tubuh..

@Dilla Setiawan
aku juga jarang makan ikan salmon, selain mahal ikannya pun jarang ada dipasar tradisional..

@Bayu Rosidan
sama² mas dan silakan saja dicoba tipsnya ini

Imam Wahyudie™ mengatakan...

Dirumah saya kalau telur sih selalu ada dikulkas tapi untuk jenis ikannya musti harus beli dulu kepasar tradisional

Rianty Agraenie™ mengatakan...

kepiting juga memiliki zat omega 3 loh yang harganya sendiri hampir sama mahalnya dengan ikan salmon

Desy Clariesya mengatakan...

Jika daging sapi mungkin agak bosan juga akunya, yang paling hanya ikan kembung, tongkol, lele, dan ikan mas saja yang sering dimakannya..

Reny Dwiyantie mengatakan...

Semua jenis dari ikan tawar dan asin memang tidak semuanya memiliki omega 3 jadi musti harus pandai juga memilih jenis ikannya

Ridwan Ghazali™ mengatakan...

Untuk jenis ikan air asin seperti tongkol dan kakap merah hampir tiap tahun baru saya makan, tapi kalau ikan air tawarnya sih setiap hari lho

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Imam Wahyudie
kamu bisa beli ikannya secara lebih, lalu dibungkus rapat dan simpan dikulkas

@Rianty Agraenie
kalau kepiting masaknya agak sedikit ribet, jadi mending ikan..

@Desy Clariesya
daging sapi itu lebih cocok untuk orang yang memiliki badan kurus

@Reny Dwiyantie
selain itu harus bisa cermat juga memilih ikan yang masih segarnya

@Mr Likerz
kedua dari jenis ikan air ini memang jika bisa dimakannya tiap hari..

Jessica Shintya™ mengatakan...

mending ikan kembung dari pada salmon karena kandungan nilai gizinya pun ternyata lebih baik dan mudah dibelinya..

Abdul Muhidin mengatakan...

Dari setiap jenis ikannya pun sangat mudah didapatkan yang bisa dikonsumsi agar tubuh kita bisa lebih sehat lagi

Selvie Agustine™ mengatakan...

Beberapa ikan dari air tawar pun ternyata cukup banyak pilihannya juga seperti ikan bawal yang memiliki zat omega 3

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Jessica Shintya
selain itu ikan kembung inipun sangat mudah sekali dikelola

@Abdul Muhidin
terkadang pedagang dikaki lima juga ada saja loh yang jual

@Selvy Agustine
ikan air tawar dari kakap putih juga bisa dijadikan pilihannya loh..

Hasbi Manaf mengatakan...

jadi tambah kumplit nilai dari gizinya kalau seumpamanya semua jenis ikan dan sayurannya kita makan setiap hari