Cara Mudah Menghilangkan Komedo Tanpa Ke Dokter




Banyak sekali yang mengeluhkan masalah komedo yang timbul di wajah khususnya dihidung. Yang akhirnya tidak sedikit juga yang melakukan perawatan cara menghilangkan komedonya agar wajah tetap terlihat bersih dan terawat. Walaupun sebenarnya komedo bisa dihilangkan sendiri akan tetapi, sangat berbahaya juga apabila kita tidak menggunakan cara yang benar-benar tepat. Karena penanganan yang kurang tepat akan mampu untuk mengakibatkan bertambah besarnya lubang komedo dan bisa menyebabkan menjadi flak berwarna hitam

Penyakit yang sering timbul dari wajah berupa Komedo bisa menjangkiti siapa saja, tidak peduli apakah dia laki-laki atau perempuan, dan berapa pun usianya. Sebab Komedo adalah “Folikel Rambut yang Tersumbat” dan dipenuhi oleh kelebihan minyak, kulit mati dan bakteri. Dan untuk Metode perawatan kulit terbaik bisa menjadi tindakan awal dari pencegahan ini agar membantu komedo sebelum mulai terbentuk. Namun, setelah melakukan rutinitas perawatan kulit yang sempurna sekalipun masalah komedo sesekali akan tetap mengganggu juga, maka dari itu cara menngobatinya pun haruslah secepat mungkin

Kamu Mungkin Tertarik Juga Tentang : Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Dokter



Menggunakan Pasta Gigi
Langkah yang pertama pilihlah dulu dari jenis pasta gigi yang cocok dari jenis pasta gigi putih biasa, bukan Gel. Bukan pasta gigi yang sering digunakan untuk memutihkan gigi atau diformulasi untuk gigi sensitif. Pasta gigi beraroma min juga boleh. Sebab “Metode Pasta Gigi” ini memang sangat di rekomendasikan oleh sejumlah pakar DIY dan orang kebanyakan, akan tetapi tidak disarankan oleh dokter. Alasan dibalik khasiat pasta gigi dalam menyingkirkan komedo dan jerawat karena adanya kandungan dari bahan-bahan yang dapat membantu mengeringkan pori-pori yang terinfeksi. Namun pasta gigi juga mengandung bahan lain yang berpotensi menyebabkan masalah kulit lainnya, termasuk reaksi alergi pada kulit wajah, dengan caranya :

Basuhlah wajah sebelum mengoleskan pasta gigi dan keringkan wajah dengan air hangat sesuai rutinitas harian yang biasa di lakukan. Lalu oleskan lapisan pasta gigi pada area yang bermasalah seperti hidung ataupun dagu, kemudian diamkan pasta gigi sampai benar-benar kering. Setelah pasta gigi mengering, gosok perlahan pada kulit untuk membantu menyingkirkan komedo dari pori-pori wajah. Selanjutnya basuh dan keringkan wajah sekali lagi. Selain menggunakan tangan, kita juga bisa mengoleskan pasta giginya pada wajah menggunakan Waslap yang direndam minyak zaitun atau almon dengan menggosokkan pasta ke kulit wajah selama beberapa menit.

Langkah yang kedua tambahkan garam pada pasta gigi untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Basuh dan keringkan wajah dengan air hangat sesuai rutinitas harian, lalu buatlah campuran pasta dan garam dengan perbandingan 1:1, yang jika campuran terlalu kental, maka bisa ditambahkan beberapa tetes air untuk mengencerkannya. Gosokkan campuran kewajah dan diamkan selama 5-10 menit, lalu gosok pasta secara perlahan dengan gerakan memutar untuk menyingkirkan komedo dari pori-pori sebelum membasuhnya. Oleskan pelembap harian yang biasa digunakan setelah wajah dikeringkan. Dan pastikan wajah tetap lembap selama proses berlangsung.



Menggunakan Putih Telur
Langkah pertamanya buatlah terlebih dahulu masker dari putih telur yang masih segar, jika sudah lalu basuh dan keringkan wajah sesuai rutinitas harian, kemudian tuang masker putih telurnya kedalam mangkuk kecil dan ambil kuas dengan mengoleskan putih telur ke seluruh wajah. Letakkan lembaran tisu wajah, tisu toilet atau sejenisnya diatas lapisan putih telur. Tunggu sampai putih telur tersebut mengering, kemudian oleskan lapisan putih telur kedua diatas tisu dan tempelkan lembaran tisu diatas lapisan telur kedua. Ulangi proses mengoleskan putih telur dan menempelkan tisunya sebanyak 3 kali. Selanjutnya diamkan sampai semua lapisan benar-benar kering, kemudian kelupas masker dengan menarik tisu. Basuh dan keringkan wajah sekali lagi untuk membersihkan sisa-sisa putih telur yang mungkin masih tertinggal diwajah kamu.



Menggunakan Jeruk Lemon
Gunakan dari perasan Air Lemon untuk mengecilkan pori-pori, dengan langkah pertamanya adalah basuh dan keringkan dulu wajah sesuai rutinitas harian yang biasa dilakukan. Kemudian gunakan perasan dari lemonnya dengan kapas untuk mengoleskan air lemon ke wajah tepat sebelum kamu tidur. Dan pada keesokan harinya bilas kembali wajah dan oleskan pelembap yang biasa digunakan. Kamu pun bisa menyimpan botol berisi air lemon ini didalam kulkas yang bisa bertahan selama 1 minggu. Jika air lemon murni terlalu keras untuk kulit wajah maka bisa dicampur dengan sedikit air bersih sebelum mengoleskannya kewajah. Atau bisa juga mencampurkan 3 sendok teh air lemon ini dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan mengoleskannya ke wajah dengan cara yang sama.



Menggunakan Buah Mentimun
Buah dari Mentimun ini memiliki banyak sekali khasiat seperti Anti Inflamasi, Diuretik, Anthelmintik, Antiseptik, yang sangat mampu melembabkan dan membersihkan sekaligus mengangkat komedo membandel dikulit wajah. Selain itu, minyak dari biji mentimun juga baik untuk mempertahankan sel kulit dari kerusakan karena radikal bebas. Dan untuk caranya sendiri pertama bersihkan dulu buahnya, lalu blender hingga sedikit kasar, setelah itu oleskan buah mentimun tersebut pada kulit yang bermasalah dan lakukan pijatan lembut. Biarkan selama kurang lebih 30 hingga 45 menit, setelah itu bilas dengan air bersih wajah kamunya dan keringkan dengan kain handuk.



Menggunakan Buah Tomat
Selain digunakam untuk memasak, ternyata buah Tomat juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit kita khususnya dalam menghilangkan komedo dihidung. Caranya ambil satu buah tomat segar berukuran sedang, lalu bersihkan dan iris tipis menjadi beberapa bagian, yang pastikan juga wajah kamu sudah bersih sebelum menggunakan masker tomat ini. Setelah itu oleskan daging buah tomat langsung ke wajah kamu, lalu diamkan hingga mengering, setelah 15 menit basuh dengan air bersih. Yang jika rutin dan disiplin mau menggunakan tipsnya, bukan hal yang mustahil jika komedo di wajah kamu akan hilang.



Menggunakan Kopi Hitam
Minuman berkafein yang satu ini memang sudah tidak asing lagi soal keampuhannya dalam merawat kulit. Yaitu kopi. Yang tidak hanya mampu untuk digunakan mengangkat sel-sel kulit mati saja, ternyata kopi juga ampuh untuk menuntaskan komedo. Dengan caranya yang sangat mudah, cukup siapkan ampas kopi atau kopi yang dicampur dengan air secukupnya. Kemudian oleskan di wajah yang berkomedo sembari menekan kulit dengan gerakan memutar lalu ratakan masker kopi keseluruh wajah kamu. Dan biarkan sampai agak mengering kemudian bilas dengan air bersih setelah 15 hingga 20 menit. Lakukan cara yang sama seperti ini hingga komedo diwajah kamu berhasil hilang. Tips inipun sangat cocok untuk kaum pria sejati.

Dibaca Juga Sobat : Solusi Mudah Mengobati Penyakit Keputihan Kamu

Cara Mudah Mencegah Komedo
Cucilah wajah kamu setiap hari dengan 2 hingga 3X antara siang, sore, dan sebelum tidur. Dan jika kamu memiliki banyak komedo, ataupun jerawat, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam Salisilat. Yang sebaiknya gunakan air hangat saja untuk membasuh wajah agar pori-pori terbuka. Jangan lupa mengoleskan pelembap setelah kamu selesai membasuh wajah agar kondisi pori-pori bisa lebih terbuka sebelum membasuhnya. Lalu usahakan juga untuk selalu membasuh wajah setelah melakukan berbagai macam aktivitas yang menyebabkan banyak mengeluarkan keringat. Karena Masalah Komedo ini terbukti tidak hanya akan dialami oleh wanita saja, akan tetapi juga pria. Yang dengan melakukan perawatan wajah sehari-hari seperti membasuh wajah dan mengoleskan pelembap sangatlah penting dianjurkan, meskipun kamu seorang pria.

16 Responses to "Cara Mudah Menghilangkan Komedo Tanpa Ke Dokter"

Desy Clariesya mengatakan...

biasanya kalau sedang lagi bercemin suka baru tahu juga yang ternyata hidung ada komedonya

Hasbi Manaf mengatakan...

Komedo ini berbeda ya dengan jerawat, sekalipun bisa menyerang setiap kalangan usia. Sebab adik cewek saya yang masih SMP kelas 2 juga punya penyakit ini

Ridwan Ghazali™ mengatakan...

kalau cewek saya gak pernah punya penyakit kulit seperti jerawat maupun komodo ini karena dia rajin cuci muka 3x sehari loh

Rianty Agraenie™ mengatakan...

buah mentimun dan lemon memang khasiatnya sudah terbukti ampuh untuk mengobati penyakit kulit wanita, karena aku pernah nyoba

Jessica Shintya™ mengatakan...

Jangan suka asal pakai bedak ataupun merk komestiknya, sebab kalau gak cocok yang ada malahan timbul komedo dan jerawatnya..

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Desy Clariesya
sebelum terlambat kamu bisa coba pakai masker mentimun dulu..

@Hasbi Manaf
kedua penyakit kulit ini juga bisa menyerang anak diusia 7 tahunan

@Mr Likerz
kalau rajin cuci mukanya biar muka berminyak pun bisa berkurang loh

@Rianty Agraenie
karena ada antioksidan pada buahnya makanya bisa membunuh bakteri

@Jessica Shintya
lantaran kulit wanita itu lebih sensitif, jadi memang harus pandai memilih kosmetiknya

Abdul Muhidin mengatakan...

Selain ampas teh ternyata sisa dari ampas kopi pun juga ada mamfaat baiknya untuk komedo ya

Stephany Shintya™ mengatakan...

Paling cepat itu pakai mentimun dan lemon jika ingin mencobanya, sebab jerawat pun bisa sembuh lebih cepat tanpa membekas diwajahnya

Bayu Rosidan mengatakan...

Hidung saya gak ada komedonya tapi wajah suka berminyak. Padahal udah jarang banget kok makan gorengannya

Imam Wahyudie™ mengatakan...

untuk cowok mungkin lebih cocok kali ya pakai ampas sisa kopi, soalnya sehari saya bisa 2x lebih minum kopinya

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Abdul Muhidin
asalkan yang dipakai harus jenis kopi hitam murni

@Stephany Shintya
asalkan rutin sehari 2x siang dan malam yang paling cepat seminggu pun sudah sembuh..

@Bayu Rosidan
coba pakai vaseline men agar bisa lembab terus kulit diwajahnya mas

@Imam Wahyudie
jangan lupa tambahkan sedikit garam sebagai antiseptik alami agar terhindar dari bakteri

Dilla Setiawan™ mengatakan...

kalau wajah aku gak pernah pakai make up sekalipun mau undangan, jadi alhamdulilah komedo pun gak pernah ada diwajah

Arie Dickinson mengatakan...

Semua bahannya mudah ya didapatnya karena memang tersedia dipasar tradisional & mall, terus terjangkau harganya, yang nanti akan saya coba juga tipsnya tuh..

Selvie Agustine™ mengatakan...

Terkadang anak balita usia 4 tahun juga ada yang memiliki penyakit komedo ini loh..

Rizal Tantowi™ mengatakan...

penyakit kulit seperti ini gak peduli ya entah hidung mancung ataupun pesek tetap saja diserang terus oleh bakterinya ☺

Shiefa Agustina™ mengatakan...

@Dilla Setiawan
selagi masih muda usahakan jangan terlalu sering pakai make up biar gak rusak wajahmu..

@Arieyanto
makanya gak perlu juga harus kedokter, sebab mudah koq bahan²nya

@Selvy Agustine
hanya sejenisnya saja tapi bukan asli komedo, yang seperti biang keringat..

@Ahmad Fahmi
termasuk kaya dan miskin juga tak pengaruh tuh.. ☺